Pelajaran tentang bisnis datang dari mana saja bahkan dari film. (Photo by Aneta Pawlik on Unsplash)

Buat Kalian Calon Entrepreneur, 6 Film ini Wajib Ditonton

04 September 2021   |   10:14 WIB

Di antara ribuan rekomendasi film mulai dari fiksi hingga dokumenter, ada banyak hal yang dapat sobat GenHype pelajari tentang dunia kewirausahawan bahkan dari rumah. 

Sebagai pebisnis, baik yang baru saja memulai atau yang sudah cukup mapan di industri, pengayaan diri dengan wawasan baru akan memberikan banyak manfaat pada karir sebagai wirausahawan.

Dari film-film yang tidak hanya menghibur namun juga dapat memicu pola pikir kritis ini, semoga ada sepercik inspirasi yang dapat memantik kembali semangat para pengusaha muda.

1. Joy (2015)
 

Jennifer Lawrence dan Robert De Niro dalam film

Jennifer Lawrence dan Robert De Niro dalam film "Joy." (Dok. 20th Century Fox Studios)


Dibintangi oleh Jennifer Lawrence, film ini didasarkan pada kisah nyata pengusaha wanita dan penemu Joy Mangano, seorang jutawan yang menciptakan kerajaan bisnisnya sendiri. Dalam film ini kita belajar tentang perjuangan Joy yang menahkodai keluarga dan bisnis sebagai ibu tunggal, dan asal-usul kesuksesannya dengan menjual produk di Home Shopping Network dan QVC.

Film ini banyak menunjukkan pentingnya untuk mengambil risiko, bahkan ketika hidup sangat berat, dan Anda akan kehilangan banyak hal. Juga sebagai pengingat bagi pengusaha untuk menyewa pengacara yang baik guna mengawasi kontrak kerja.


2.  The Social Dilemma (2020)
 

Campuran drama dokumenter ini mengeksplorasi dampak berbahaya dari jejaring sosial bagi manusia. (Dok. thesocialdilemma.com)

Campuran drama dokumenter ini mengeksplorasi dampak berbahaya dari jejaring sosial bagi manusia. (Dok. thesocialdilemma.com)


Nothing vast enters the life of mortals without a curse.”

Demikianlah kutipan pembuka dari The Social Dilemma, sebuah film dokumenter tentang sisi berbahaya jejaring sosial. Dalam suasana yang menyeramkan dan mirip distopia, pakar teknologi di balik Facebook, Google, Twitter, dan tombol like yang terkenal berbagi keprihatinan mereka tentang kreasi mereka sendiri. Ini adalah isu meresahkan dan merupakan pelajaran besar bagi wirausahawan, pemasar, orang tua, dan semua orang yang pernah membuat akun di platform sosial.

3. Horrible Bosses 1 dan 2 (2011 & 2014)

Komedi tidak hanya tentang tawa. Komedi juga tentang pelajaran hidup nyata yang membuka mata kita dengan cara yang unik. Hal ini disampaikan pada Horrible Bosses, sebuah kisah tentang kelangkaan dan kekuatan untuk berhenti dari pekerjaan yang Anda benci dan menempuh jalan tak terduga yang Anda pilih sendiri.

Sebagai enterpreneur, kita harus banyak belajar dari karakter yang gila dan menarik. Karena pada akhirnya, bukankah kita semua lebih suka melompat dari tebing daripada terjebak selamanya dalam situasi buntu? Intinya adalah menjadi berani, berjiwa petualang, dan tidak pernah puas dengan kehidupan yang Anda benci.

4. The Wolf of Wall Street (2013)
 

The Wolf Of Wall Street disutradarai oleh Martin Scorsese, berdasarkan kisah nyata Jordan Belfort. (Dok. Paramount Pictures)

The Wolf Of Wall Street disutradarai oleh Martin Scorsese, berdasarkan kisah nyata Jordan Belfort. (Dok. Paramount Pictures)



The Wolf of Wall Street berdasar pada kisah nyata James Belfort. Bagian dari kekuatan film ini berasal dari penggambaran Leonardo DiCaprio sebagai salah satu penipu ahli pasar saham yang paling cerdas dan paling licik di dunia.

Film ini juga menyuguhkan banyak pelajaran yang bisa dipetik, dari bagaimana menangani situasi yang tidak mungkin sampai bagaimana berbicara dengan orang-orang tingkat tinggi. Meskipun ini bukan film untuk ditonton bersama anak-anak Anda karena banyaknya adegan vulgar dan sumpah serapah, ini adalah karya perfilman yang solid.

5. The Pursuit of Happyness (2006)
 

 Seorang salesman yang memutuskan untuk memulai karir profesional guna mengubah nasib. (Gambar Dok. Columbia)

Seorang salesman yang memutuskan untuk memulai karir profesional guna mengubah nasib. (Gambar Dok. Columbia)


Drama keluarga ini dibintangi oleh duo anak dan ayah, Will dan Jaden Smith, yang dengan luar biasa menggambarkan dramatisasi kisah nyata pengusaha dan investor Chris Gardner. Film ini menunjukkan perjuangan seorang ayah tunggal yang juga tunawisama. Dia mempertaruhkan segalanya, bisnis ritel door-to-door, dengan menjadi pekerja magang di perusahaan pialang untuk memulai hidup yang lebih baik. Karakter Gardner mengajarkan kita bahwa diperlukan ketekunan dan kepercayaan diri untuk mengatasi tantangan besar.
SEBELUMNYA

Netflix Buka Masa Lalu Eleven dalam Teaser Video Baru Stranger Things 4

BERIKUTNYA

Tips Untuk Lebih Rileks Jelang Libur Panjang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: