Ilustrasi sepasang pengantin (Dok. Getulio Moraes/Unsplash)

5 Hal Ini Bakal Jadi Tren Pernikahan pada 2022

07 January 2022   |   18:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi telah mengubah cara hidup manusia untuk menerapkan suatu kebiasaan baru dalam banyak aspek kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pernikahan. Banyak calon pengantin yang harus membuat acara pernikahan dengan tamu yang terbatas untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Di sisi lain, kondisi tersebut juga justru menciptakan tren baru di masa pandemi yaitu intimate wedding atau pernikahan yang hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat dari pasangan pengantin. Tren pernikahan ini pun diprediksi akan terus berlanjut pada tahun 2022. 

Ahli Perencana Pernikahan White Bridal, Joan Auyang, mengungkapkan beberapa tren pernikahan yang diprediksi terjadi pada 2022 seperti dilansir dari Tatler Asia, Rabu (5/1/2022), berikut ini.
 

1. Warna yang lebih cerah


Salah satu warna yang kerap dipilih dalam pesta pernikahan adalah palet klasik seperti putih. Namun, menurut Joan, tahun ini orang akan mulai berani untuk memadukan nuansa cerah dan pola yang belum pernah ada sebelumnya di pesta pernikahan.

“Palet warna yang berani dan cerah akan mendominasi pesta pernikahan tahun ini,” katanya. Menurutnya, beberapa pasangan mulai ingin bereksperimen dengan hal-hal baru untuk desain pesta pernikahan yang membuat terasa lebih personal. Beberapa yang lainnya beralasan ingin membuat hari penting mereka lebih hidup dan menyenangkan karena warna-warna cerah melambangkan optimisme dan kegembiraan.
 

2. Dekorasi impian


Tren dekorasi dengan nuansa tanaman hijau di tahun sebelumnya, tambah Joan akan mulai meredup pada 2022. Menurutnya, banyak pasangan saat ini menginginkan dekorasi pernikahan yang terinspirasi dari tempat-tempat wisata yang indah dari berbagai negara, seperti nuansa tropis di Bali atau konsep perayaan Provencal Garden yang indah.

“Karena perjalanan  ke luar negeri masih sulit dilakukan, banyak pasangan yang ingin mengubah tempat acara mereka menjadi tempat-tempat indah yang mengingatkan pada tujuan tempat bulan madu impian mereka,” kata Joan. Dia juga memprediksi bahwa instalasi bunga yang artistik dan dramatis serta instalasi pencahayaan yang kreatif akan menjadi pusat perhatian.
 

Ilustrasi (Dok.  Álvaro CvG/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Álvaro CvG/Unsplash)


3. Tempat pernikahan yang unik


Seiring kian longgarnya pembatasan sosial akibat pandemi, tren pesta pernikahan di luar ruangan atau outdoor diprediksi akan terus populer pada tahun 2022. Banyak pasangan calon pengantin saat ini yang lebih memilih tempat-tempat outdoor seperti taman, rooftop dan balkon daripada ballroom atau ruangan konvensional lainnya.

“Tempat-tempat yang memiliki elemen outdoor sekarang lebih populer, terutama bagi pasangan yang tidak bisa bepergian ke luar negeri untuk tujuan pernikahan dengan pemandangan indah atau lingkungan alam yang indah,” ujarnya.
 

4. Acara di hari kerja


Selama pandemi, banyak pasangan yang terpaksa harus menunda acara pernikahan mereka karena peraturan pembatasan sosial dari pemerintah. Di sisi lain, memesan tempat dan keperluan lainnya untuk pernikahan di hari akhir pekan juga kian sulit karena banyaknya pasangan yang ingin menikah yang sebelumnya tertunda.

Dengan kondisi tersebut, Joan mengatakan banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan mereka pada hari kerja. Joan menambahkan hal tersebut adalah pilihan yang bagus karena membuat proses perencanaan pernikahan lebih mudah, sehingga bisa menjadi alternatif bagi pasangan yang memiliki anggaran terbatas.

“Karena harga tempat dan vendor biasanya akan lebih murah jika dibandingkan dengan akhir pekan,” katanya.
 

5. Membagi acara


Peraturan pemerintah yang terus berubah terkait pembatasan tamu acara selama pandemi telah memunculkan satu tren baru yaitu menyelenggarakan pernikahan dengan banyak acara dalam sehari, atau membagi pesta perayaan menjadi beberapa hari.

“Beberapa klien saya memutuskan untuk mengadakan acara makan siang dan makan malam pada hari yang sama, sementara memilih untuk mengadakan upacara pernikahan mereka lebih awal pada tanggal yang berbeda,” kata Joan.

Tren ini dinilai baik karena dengan begitu pasangan bisa lebih fleksibel dalam mengatur daftar tamu, termasuk memungkinkan mereka untuk merayakan hari penting mereka dengan orang-orang terdekat tanpa harus membatasi kehadiran hanya untuk satu acara.


Editor: Gita
1
2


SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Staycation di Yogyakarta

BERIKUTNYA

Cek, Ini Daftar Nominasi dan Pemenang Steam Awards 2021 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: