Ilustrasi (Photo by Mikhail Nilov from Pexels)

Sama-Sama Perawatan, Ini Bedanya Manicure dan Pedicure

04 January 2022   |   18:15 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Manicure dan pedicure adalah dua jenis perawatan tubuh yang terkait sangat erat. Banyak orang menganggap keduanya adalah perawatan kecantikan yang esensial yang bisa dilakukan di rumah atau di salon. Kedua perawatan tersebut tidak hanya memberikan manfaat kecantikan namun juga efek relaksasi.

Istilah pedikur (pedicure) terbagi jadi dua bagian: pedi (dari ped yang berarti kaki) dan cure (dari curare yang berarti merawat). Demikian pula, manikur (manicure) berasal dari manus (yang berarti tangan) dan curare.

Manikur

Manikur hanyalah perawatan kosmetik yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan tangan dan kuku. Perawatan manikur umumnya terdiri dari beberapa tahap seperti membentuk kuku dengan kikir kuku, perawatan kutikula, aplikasi cat kuku, dan pijat tangan.

Pedikur
Pedikur adalah perawatan kecantikan untuk kaki dan kuku kaki dengan fokus pada pengelupasan kulit. Pedikur standar dimulai dengan merendam kaki di dalam bak yang disterilkan.

Setelah direndam, ahli pedikur kemudian mulai menggosok bagian kaki yang kapalan atau pecah-pecah. Jika kalian ingin perawatan ekstra, kuku kaki yang sudah dibersihkan dan dibentuk dapat dihias dengan cat kuku agar lebih cantik.

(Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Sunscreen & Sunblock)

Manikur dan pedikur menawarkan banyak manfaat, termasuk perbaikan tekstur dan tampilan tangan dan kaki serta pencegahan bintil kuku, kuku tumbuh ke dalam, dan patah kuku.

Perawatan yang mencakup pijat juga membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit di tangan dan kaki.

Selain itu, perawatan tangan dan kaki adalah bentuk self-care. Tidak banyak orang yang datang untuk temu janji manikur atau pedikur datang sebagai bentuk menjaga keseimbangan kesehatan mental.

Padahal dengan menyisihkan waktu di sela kesibukan untuk relaksasi diri, dengan melakukan manikur atau pedikur, bisa jadi cara yang bagus untuk mengurangi stress dan tekanan pikiran.

Proses manikur maupun pedikur juga umumnya menggunakan air rendaman yang harum dilengkapi pijatan pada tangan dan kaki yang menenangkan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Samsung Resmi Umumkan Smartphone Galaxy S21 FE 5G, Begini Spesifikasinya

BERIKUTNYA

5 Tips Mudah Cegah Penuaan Dini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: