Pemakaian pelembab bisa mencegah penuaan dini. (Dok. Pexels)

5 Tips Mudah Cegah Penuaan Dini

04 January 2022   |   14:50 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penuaan tidak bisa dihindari karena itu proses alami tubuh. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menunjukkan garis-garis halus, dan hal ini tak dapat dicegah. Namun tidak sedikit juga dari Genhype yang mengalami penuaan dini dengan timbulnya kerutan, bintik hitam, garis-garis halus, atau pipi tampak mengendur di usia yang masih relatif muda.

Faktor pemicu utama penuaan dini adalah gaya hidup yang tidak sehat hingga eksposur sinar matahari langsung. Mengutip Times of India, berikut rutinitas yang dapat mencegah penuaan dini.


1. Pakai tabir surya

Tabir surya adalah solusi anti-penuaan terbaik. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi kalian dari sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung bisa menimbulkan bintik hitam, pigmentasi, atau bahkan kerutan. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan tabir surya spektrum luas (SPF 30) bahkan ketika kalian berada di dalam ruangan atau pada saat cuaca mendung. Selain mengoleskan tabir surya, juga dapat mengenakan pakaian berlengan panjang, kacamata hitam, dan topi untuk menghindari paparan sinar matahari dan melindungi kulit dari kerusakan.
 

2. Tidur yang cukup

Tubuh memperbaiki dirinya sendiri (regenerasi) saat kita tidur. Selama tidur, aliran darah kulit meningkat dan mengurangi kerutan serta bintik-bintik penuaan. Untuk itu, capailah tidur berkualitas 7-9 jam setiap hari. Ingat, kualitas tidur yang buruk bukan hanya mempercepat penuaan namun juga dikaitkan dengan kesehatan lainnya seperti kecemasan, diabetes, hingga beragam masalah kardiovaskular. Beberapa penelitian juga menyebutkan keterikatan dengan cahaya lampu di kamar dengan meningkatnya hormon penuaan. Jadi ada baiknya Genhype mulai mengurangi cahaya lampu kamar saat akan tidur.

 

Tidur yang cukup dengan lampu yang dimatikan untuk mencegah penuaan dini (Dok:Lux Graves/Unsplash

Tidur yang cukup dengan lampu yang dimatikan untuk mencegah penuaan dini (Dok:Lux Graves/Unsplash



3. Makan sehat 

Makanan yang dikemas dengan sifat antioksidan dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kerusakan juga penuaan dini. Makan banyak sayuran dan buah-buahan seperti sayuran berdaun hijau, paprika, brokoli, wortel, delima, blueberry, alpukat, dan lainnya. Teh hijau dan minyak zaitun juga baik untuk kesehatan kulit.


4. Pelembab

Dengan bertambahnya usia, penting bagi kita untuk menggunakan pelembab kulit secara teratur. Pelembab menjebak air di kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti kerutan atau garis-garis halus. 
Oleskan pelembab yang mengandung Vitamin C atau Vitamin A di dalamnya. Bahan-bahan ini efektif mencegah kerutan terbentuk atau memperbanyak kerutan. Pilih juga pelembab yang membantu kalian terlindungi dari sinar UV. 


5. Produk perawatan kulit

Gel lidah buaya organik dan minyak esensial Lavender memasok suntikan molekul oksigen yang secara instan memberi energi pada kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menunda penuaan. Produk dengan kedua bahan ini juga menghaluskan kerutan dan garis, serta mengencangkan kulit. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sama-Sama Perawatan, Ini Bedanya Manicure dan Pedicure

BERIKUTNYA

Woozi SEVENTEEN Deskripsikan Warna Merah dalam Mixtape Ruby

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: