Ibu menyusui menggunakan kain penutup. (Photo: Monomom)

Ibu Menyusui Wajib Punya Perlengkapan Ini

18 May 2021   |   12:13 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bagi para Ibu menyusui yang juga seorang pekerja atau Ibu aktif yang memiliki banyak kegiatan, penting bagi mereka untuk memerhatikan pemilihan baju dan juga perlengkapan penunjang yang diperlukan.  

Apalagi ketika menyusui, metabolisme tubuh wanita akan makin tinggi dan akhirnya akan lebih mudah berkeringat. 

“Pemilihan baju harus terbuat dari bahan yang adem dan nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Baju berbahan katun lebih disarankan karena dapat menyerap keringat serta nyaman," ujar Brand Manager Pakaian Menyusui Monomom, Fhenny.

Bagi Ibu pekerja, pilihlah baju atasan yang memiliki bukaan menyusui di bagian depan sehingga memudahkan para ibu saat sedang pumping di kantor. 

Jenis baju menyusui yang baik memiliki tutupan lipatan kain atau hidden zipper, sehingga lebih mudah dan nyaman ketika akan memompa susu.

Baju menyusui dengan bukaan yang tersembunyi juga dapat digunakan kembali setelah masa menyusui berakhir. 

Fhenny juga menambahkan agar Ibu memilih model dan warna pakaian yang versatile, sehingga rmudah untuk dipadupadankan dengan outfit lain yang sudah ada, misalnya warna yang netral.

Nah bunda, apa saja kira-kira perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki? Simak rekomendasi dari Monomom berikut ini ya!

1. Inner Menyusui

 

Inner Menyusui (Dok. Monomom)

Inner Menyusui (Dok. Monomom)

Baju untuk menyusui yang wajib dimiliki adalah inner atau manset menyusui. 

Dengan menggunakan katun bambu, bahan yang nyaman dan adem baik untuk kulit Ibu maupun pipi si kecil ketika menyusui. Pakaian yang longgar membantu Ibu tetap aktif berkegiatan, termasuk menyusui dan bekerja.

Desainnya simpel, inner menyusui ini dapat dipadupadankan dengan blazer kantor favorit untuk look yang smart casual. Tersedia dalam delapan warna pilihan dan berbagai model seperti sleeveless, short sleeve, dan long sleeve. Salah satunya menjadi must have item untuk para ibu menyusui yang aktif berkegiatan.

2. Bra Menyusui
 

Bra Menyusui (Dok. Monomom)

Bra Menyusui (Dok. Monomom)

Selain baju menyusui, penting bagi para ibu untuk memiliki bra menyusui karena ukuran payudara akan lebih membesar saat menyusui dan bra menyusui biasanya memiliki bukaan yang memudahkan saat hendak menyusui.

Kelebihan bra menyusui dari Monomom, pada bagian depan tengah dilengkapi dengan jahitan karet untuk memberikan support agar payudara tidak jatuh dan membuat payudara para Ibu tetap terlihat kencang, padat dan tetap cantik.

Terbuat dari bahan katun premium dan microfiber yang sangat lembut dan fleksibel serta menyerap keringat maupun cairan asi, bra tanpa kawat ini sangat nyaman untuk dipakai sepanjang hari dan tahan lama meskipun dicuci berkali-kali.

3. Nursing Cover 
 

Nursing Cover (Dok. Monomom)

Nursing Cover (Dok. Monomom)


Nursing cover penting dimiliki oleh ibu menyusui karena praktis dan bisa digunakan untuk menutupi bayi dan payudara ketika menyusui di tempat umum. Berbahan katun lembut, tidak panas, dan ringan. 

Dengan motif geometris zig zag dan segitiga, nursing cover ini tampak modis digunakan di manapun. Nursing cover ini juga memiliki kantung untuk menyimpan sehingga dapat dilipat dan disimpan rapi setelah digunakan.

4. Dress Menyusui
 

Dress Menyusui (Dok. Monomom)

Dress Menyusui (Dok. Monomom)

Monomom memiliki banyak koleksi dress hamil dan menyusui yang modis. Salah satu best seller-nya adalah Olive Maternity Dress dengan aksen kerah V dan kerutan yang bisa di-adjust dibagian pinggang. 

Terbuat dari bahan katun rayon yang nyaman dan adem berwarna olive. Salah satu koleksi Dress dari Monomom ini  memiliki detail bukaan menyusui pada bagian dada. 

Dress ini dapat dipakai saat weekend, dinner, ataupun acara formal. Bukaan kanan kiri tersembunyi sehingga dress ini bisa digunakan saat hamil, saat menyusui, bahkan setelah selesai masa menyusui. 

5. Cooler bag
 

Cooler Bag (Dok. Monomom)

Cooler Bag (Dok. Monomom)

Terakhir barang yang tidak kalah penting yaitu, Cooler bag untuk menyimpan kantong ASI yang dapat dibawa saat ke kantor atau kemana saja, supaya asi tetap dalam keadaan yang baik. 

Cooler bag yang disarankan menggunakan insulator pada bagian dalamnya sehingga dapat menjaga suhu dan kualitas asi.

Hal terakhir yang sangat perlu diperhatikan para Ibu adalah bagaimana cara merawat dan menjaga baju menyusui sehingga lebih tahan lama.  Salah satunya adalah dengan mencuci dengan tangan atau mesin cuci dengan air dingin supaya bahan tidak mengerut. 

Akan lebih baik juga untuk memisahkan baju berwarna dan baju putih agar tidak terkena luntur. Selain itu, tutup rapat resleting baju untuk menyusui atau celana agar tidak rusak saat mencuci dengan mesin. 

Jika Ibu mencuci bra yang diletakkan dalam kantong jala, jangan lupa untuk mengaitkannya agar tidak menyangkut dengan pakaian lain.  Saat menyetrika pastikan mengatur suhu yang sesuai dengan bahan pakaian tersebut. 

Tips-tips ini dapat membantu supaya pakaian dan perlengkapan menyusui lebih tahan lama loh mom! 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yah, Gfriend Tinggalkan Source Music

BERIKUTNYA

Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur Bikin Enggak Gampang Stres

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: