Ilustrasi perpustakaan (Dok. Shravankumar Hiregoudar/Unsplash)

5 Kota Ini Wajib Dikunjungi Para Pencinta Sastra

27 December 2021   |   19:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belum lama ini, Jakarta ditetapkan sebagai Kota Sastra Dunia oleh UNESCO sebagai salah satu dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif dunia (UNESCO’s Creative City Network) 2021. Pemilihan ini didasarkan kategori bahwa Jakarta sebagai kota telah memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk pengembangan sastra dan literasi.

Selain Jakarta, tentu ada kota-kota lain di dunia yang dijuluki sebagai kota sastra. Berikut beberapa di antaranya.
 

1. Dublin, Irlandia

Dengan jumlah populasi kurang dari 5 juta orang, kota Dublin telah melahirkan empat peraih Nobel sastra yakni WB Yeats, George Bernard Shaw, Samuel Beckett dan Seamus Heaney. Orang-orang Irlandia kerap dipandang memiliki kemampuan berbahasa liris dan membuat suatu ungkapan. Hal itu ditandai salah satunya dengan hadirnya Dublin Writers Museum sebagai tempat merayakan spektrum warisan sastra negara dimulai dari akarnya dalam puisi-puisi Irlandia dan cerita Celtic.
 

2. London, Inggris

Situs sastra populer di London, Shakespeare’s Globe, telah lama menjadi ikon hidupnya kegiatan literasi di kota tersebut. Tak hanya menyimpan koleksi sastra yang menakjubkan, gedung megah itu  juga menjadi tempat berlangsungnya tur buku-buku penulis dunia, pertunjukan teater, dan acara literasi lainnya. Beberapa tempat lainnya yang bisa dikunjungi bagi pecinta sastra diantaranya London Walks, Dickens London, British Library dan Literary London Pub Walk. 
 

Ilustrasi perpustakaan (Dok. Pixabay/Pexels)

Ilustrasi perpustakaan (Dok. Pixabay/Pexels)
 

3. Santiago, Chili

Santiago adalah rumah bagi dua penyair pemenang hadiah Nobel yakni Gabriela Mistral dan Pablo Neruda. Sebagai bentuk penghormatan kepada Mistral, wanita Amerika Latin pertama yang memenangkan Nobel, negara itu membuat sebuah mural yang rumit di Santa Lucia Park.

Untuk mencari karya-karya sastra terbaik, kamu bisa mengunjungi pasar akhir pekan di Lastarria Street dekat Museo Nacional de Bellas Artes atau menelusuri toko buku dekat persimpangan Providencia Avenue dan Miguel Claro Street.
 
1
2


SEBELUMNYA

Nuansa Kelabu dalam Potret Industri Fesyen Global 2021

BERIKUTNYA

WNI Positif Omicron Lolos Karantina, Begini Kronologinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: