Security camera (dok. Unsplash/Alan J Hendry)

10 Tips Memilih Kamera Keamanan sebagai Perangkat Pintar

27 December 2021   |   14:50 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kamera keamanan pintar (smart security camera) telah menjadi alat keamanan modern yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bagian dari rumah pintar (smart home). Fungsinya untuk memantau aktivitas di lingkungan sekitar tempat tinggal melalui perangkat digital. 

Perangkat puntar ini dapat membantu para penggunanya menambah lapisan keamanan di sekitar rumah dan memungkinkan mereka memantau lingkungan tertentu yang disorot oleh kamera, bahkan dari manapun dan kapanpun. 

Saat ini, ada berbagai macam kamera keamanan yang tersedia di pasaran. Serangkaian fitur dan skenario canggih juga telah disematkan untuk memanjakan pengguna. 

Baca juga4 Macam Kegunaan Kamera Keamanan CCTV, Salah Satunya Ungkap Kejahatan

Buat kalian yang sedang mencari kamera keamanan, berikut ini adalah tips memilih kamera keamanan (CCTV) dan beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan untuk memaksimalkan penggunaan perangkat, sebagaimana dilansir dari Gadgets Now: 
 

1. Aplikasi ponsel yang andal 

Sebagian besar peranti kamera keamanan terhubung dengan platform aplikasi tertentu. Pastikan, aplikasi tersebut menawarkan keandalan, fitur, dan keamanan yang mumpuni serta memiliki antarmuka yang mudah dimengerti. 
 

2. Kompatibilitas

Hal yang penting diperhatikan juga adalah kompatibilitas kamera. Lantaran kamera akan menjadi bagian integral dari sistem perangkat pintar, cek apakah kamera kompatibel dengan smartphone atau bahkan speaker dan layar yang dimiliki. 
 

3. Resolusi 

Banyak orang berpikir bahwa resolusi yang makin besar artinya makin bagus. Hal ini memang tidak salah, tapi perlu diperhatikan resolusi 4K - yang banyak ditawarkan saat ini - memiliki ukuran fail yang juga lebih besar ketimbang 1080p. 
 

4. Jenis penyimpanan 

Umumnya, kamera keamanan pintar memiliki dua jenis opsi penyimpanan yakni offline dan online. Offline berarti kamera dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal sementara online biasanya hadir dengan model berbasis langganan. 
 

5. Fitur night vision 

Kamera keamanan modern biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini. Tapi ada dua jenis, yakni Night Vision Standar dan Night Vision Coloured. Pastikan kalian memilih sesuai dengan kebutuhan, tapi disarankan untuk mempertimbangkah pengelihatan malam berwarna. 
 

6. Fitur deteksi gerakan 

Kendati kecepatan kamera keamanan cukup bergantung pada kekuatan dan kecepatan jaringan internet, penting untuk dicatat bahwa kamera yang memiliki fitur deteksi gerakan cepat dan andal harus menjadi salah satu prioritas. 
 

7. Sistem audio dua arah 

Selain sisi visual, bagian audio juga penting untuk diperhatikan saat akan membeli kamera keamanan. Disarankan untuk memilih tipe yang memiliki sistem audio dua arah, yang memungkinkan komunikasi dengan orang lain dari mana saja. 
 

8. Sistem alarm 

Beberapa kamera keamanan pintar saat ini telah dilengkapi dengan fitur alarm built-in. Ini memungkinkan perangkat memberikan sinyal kepada pengguna dan menghentikan penyusup yang bertindak mencurigakan. 
 

9. Bidang pandang 

Bidang pandang (field of view/FOV) merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih kamera keamanan. Kendati nantinya kamera bisa berotasi hingga 360 derajat, tapi bidang pandangnya tetap harus dipertimbangkan. Umumnya kamera punya FOV setidaknya 110 derajat. 
 

10. Pan, tilt, dan zoom 

Fitur pan, tilt, dan zoom merupakan hal yang penting untuk menangkap lebih banyak bidang pandang dan kejelasan. Carilah kamera keamanan memiliki fitur ini, alih-alih kamera yang bersifat statis atau tidak bisa digerakkan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ada Varian Baru Covid-19 Delmicron? Ini Faktanya!

BERIKUTNYA

Viral Gara-Gara Film Seri, Ini 6 Destinasi Wisata Menarik di Cappadocia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: