CCTV telah banyak dimanfaatkan untuk keperluan perorangan maupun organisasi (Sumber gambar: Unsplash/Joe Gadd)

4 Macam Kegunaan Kamera Keamanan CCTV, Salah Satunya Ungkap Kejahatan

26 June 2022   |   19:46 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Era digital yang dijalani saat ini membuat kita berinteraksi dengan banyak perangkat komunikasi dan elektronik. Bukan hanya perangkat utama seperti ponsel pintar atau komputer, melainkan juga alat penunjang seperti kamera keamanan. 

Kamera keamanan atau yang lebih dikenal sebagai CCTV (closed circuit television), merupakan seperangkat kamera video digital yang akan mengirimkan sinyal ke sebuah layar monitor. Alat ini banyak digunakan sebagai tambahan sistem keamanan. 

Country Manager Hikvision Indonesia, Michael Chen, menyebut sebuah hasil riset menunjukkan bahwa CCTV dapat berperan sebagai alat pengawasan yang menggantikan manusia. Perangkat elektronik ini mampu mencegah terjadinya tindak kejahatan. 

Baca Juga : 10 Tips yang Perlu Diperhatikan Untuk Memilih Kamera Keamanan 

Dia melanjutkan, potensi tindak kejahatan yang berasal dari banyak sumber perlu diantisipasi dengan berbagai cara untuk memastikan keamanan pengguna. Termasuk dengan memanfaatkan perangkat tambahan seperti CCTV. 

Peningkatan kebutuhan alat keamanan ini juga yang menjadi latar belakang PT Graha Anugrah Elektrindo untuk mendistribusikan produk-produk dari Hikvision ke Indonesia. Presiden Direktur Michael Hardinata menyatakan bahwa masuknya daftar produk itu akan memperkaya pilihan masyarakat di dalam negeri. 

Sebagai informasi, Hikvision - Hangzhou Hikvision Digital Technology Co. Ltd - merupakan produsen dan pemasok peralatan pengalawas video asal China. Selain produk seperti CCTV, perusahaan juga menyediakan solusi digital untuk berbagai keperluan. 

Khusus terkait dengan CCTV, Hikvision membagikan informasi seputar kegunaan kamera keamanan tersebut. Sebagai berikut : 
 

1. Meningkatkan sistem keamanan 

Fungsi utama CCTV seperti telah diketahui adalah untuk meningkatkan sistem keamanan. Dengan adanya alat ini, pengguna bisa merekam setiap aktivitas yang terjadi pada bidang pandang, dan menjadi tekanan tersendiri bagi pelaku tindak kriminal. 
 

2. Memantau aktivitas 

Selain untuk meningkatkan keamanan, CCTV juga bisa dipakai untuk memantau atau memonitor aktivitas yang ada. Baik di rumah untuk menjaga kegiatan anak maupun di kantor untuk melihat perilaku para pegawai, bisa dilakukan dengan alat ini. 
 

3. Menjaga keselamatan aset 

Perangkat kamera keamanan yang bisa memantau dan merekam hingga batasan waktu tertentu, juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga aset perusahaan yang penting untuk operasional. CCTV bisa ditempatkan di gudang atau titik vital lain bagi pelaku bisnis. 
 

4. Barang bukti kejahatan 

Sebagian besar CCTV memiliki fitur untuk menyimpan otomatis rekaman kamera di dalam sistem. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pengguna bisa memakai hasil rekaman tersebut sebagai barang bukti dalam proses penyelidikan sebuah kasus. 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Suka Bingung Saat Belanja Online? Kuy Simak Kiat Shopping Hemat & Anti Galau di E-commerce

BERIKUTNYA

Mau Beli Memori? Simak Dulu Perbedaan Antara HDD & SSD

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: