Katedral pertama di Armenia, Etchmiadzin Cathedral. (Dok. Wikimedia)

10 Gereja Tertua di Dunia

25 December 2021   |   22:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

6. Basilika Santo Petrus (Vatikan)

 

Basilika Santo Petrus. (Dok. Wikimedia)

Basilika Santo Petrus. (Dok. Wikimedia)

Sebagai salah satu basilika paling terkenal, Basilika Santo Petrus adalah rumah dari beberapa karya seni tersohor di dunia, termasuk karya Michelangelo, Pieta. Awalnya, gereja tersebut dibangun oleh Kaisar Kristen Konstantin I, dan merupakan tempat penobatan Charlemagne, ketika dia diangkat menjadi Kaisar Romawi Suci.

Gereja ini dibangun pada awal abad ke-16. Beberapa fitur asli masih ada di situs tersebut, termasuk Makam Santo Petrus, salah satu murid Yesus dari Alkitab.

7. Katedral Trier (Jerman)

 

Katedral Trier. (Dok. trier-info.de)

Katedral Trier. (Dok. trier-info.de)

Katedral Trier adalah katedral tertua di Jerman. Hal yang paling menarik dari Katedral Trier adalah peninggalannya yakni salah satu Paku Suci yang dikatakan menahan Yesus di kayu salib ketika dia disalibkan, tapi itu bukan peninggalan yang paling luar biasa.

Gereja juga memiliki artefak yang dikenal sebagai Jubah Yesus (Seamless Robe of Jesus). Peninggalan ini dikatakan sebagai jubah yang dikenakan Yesus sesaat sebelum penyaliban-Nya. Namun, jarang tersedia untuk dilihat publik, dan terakhir kali ditampilkan pada tahun 2012.
 

8. Basilika San Lorenzo (Italia)

 

Basilika San Lorenzo. (Dok. WIkimedia)

Basilika San Lorenzo. (Dok. WIkimedia)


Basilika San Lorenzo, MBasilika San Lorenzo adalah salah satu bangunan tertua yang masih berdiri di Kota Milan. Ketika dibangun, basilika ini adalah proyek konstruksi terbesar yang pernah dilihat dunia Barat. Ketika konstruksi selesai, Basilika San Lorenzo merupakan gereja melingkar terbesar di dunia hingga menjadi inspirasi untuk desain Hagia Sophia.

Saat ini, Basilika San Lorenzo masih beroperasi sebagai gereja, dan beberapa fitur aslinya masih ada, meskipun sebagian besar bangunan telah dibangun ulang.

9. Katedral Etchmiadzin (Armenia)

 

Katedral Etchmiadzin. (Dok. Wikimedia)

Katedral Etchmiadzin. (Dok. Wikimedia)

Katedral Etchmiadzin adalah katedral pertama yang dibangun di Armenia kuno, dan tetap menjadi katedral Kristen tertua yang ada. Awalnya, sebuah gereja dibangun di lokasi yang sama pada tahun 301 Masehi, tetapi digantikan oleh gereja saat ini pada tahun 483 Masehi.

Saat ini, katedral tersebut masih berdiri dan berfungsi sebagai tempat suci utama bagi umat Kristen di Armenia. Katedral Etchmiadzin juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi wisatawan.
 

10. Hagia Sophia (Turki)

 

Hagia Sophia. (Dok. Wikimedia)

Hagia Sophia. (Dok. Wikimedia)

Selama lebih dari 1.000 tahun, Hagia Sophia adalah gereja Kristen terbesar yang ada. Dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinian I, Hagia Sophia mengalami beberapa perubahan selama bertahun-tahun. Awalnya bangunan ini merupakan katedral Kristen, kemudian menjadi katedral Ortodoks Yunani, katedral Katolik Roma, dan masjid.

Hari ini, Hagia Sophia masih berdiri. Pengunjung Istanbul dapat mengunjungi gedung yang juga berisi museum, dan diperkirakan sekitar 10.000 orang melewatinya setiap hari. Pada tahun 2020, di bawah arahan Recep Tayyip Erdogan, Hagia Sophia dibuka kembali sebagai masjid.


Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Simak Tren Mode 2022 Ini untuk Tingkatkan Peluang Bisnis

BERIKUTNYA

Ini 5 Lagu yang Paling Banyak Didengarkan di Joox selama 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: