The Matrix Resurrections (Dok. Warner Bros)

Begini Respons Kritikus setelah Premiere The Matrix Resurrections

20 December 2021   |   14:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jelang perilisannya, film The Matrix Resurrections akhirnya ditayangkan secara perdana di Castro Theater, San Fransisco, AS, pada Sabtu (18/12/2021). Film yang disutradarai Lana Wachowski itu merupakan film keempat dari franchise The Matrix (1999) setelah The Matrix Reloaded (2003) dan The Matrix Revolutions (2003).

Selain dihadiri oleh para pemain seperti Keanu Reeves, Carrie-Ann Moss, Neil Patrick Harris, dan Ellen Hollman, premiere film The Matrix Resurrections juga tentunya dihadiri oleh para kritikus dan jurnalis film.

Setelah penayangannya, tak sedikit dari mereka yang memberikan first reaction atau reaksi pertama tentang film sekuel yang hadir setelah 18 tahun itu di media sosial seperti Twitter.
 

Kritikus film, Courtney Howard, menyebut The Matrix Resurrections sebagai ‘pembuka’ pikiran meta yang hebat, menakjubkan, dan sepenuhnya sejalan dengan yang selalu ditampilkan dalam franchise The Matrix.

Dia juga memuji film tersebut karena dinilai berhasil menyajikan cara yang inovatif dan berkonsep tinggi untuk membingkai cerita baru.
 


Namun, kritikus Cheat Sheet Jeff Nelson justru mengatakan kurang tertarik dengan sekuel terbaru The Matrix. Menurutnya, film itu menjadi semacam ‘tempat pembuangan’ eksposisi selama hampir 2,5 jam dengan adegan aksi yang mengingatkannya dengan film Bourne

Nelson menilai bahwa The Matrix Resurrections terlalu banyak menghadirkan cuplikan dari sekuel sebelumnya dan itu menurutnya merupakan kesalahan.

(Baca juga: 5 Alasan The Matrix Jadi Fenomena Budaya Pop)
 


Hampir senada, editor media People, Nigel Smith, juga menyebut bahwa The Matrix Resurrections ‘terjebak’ dalam eksposisi seperti dua sekuel sebelumnya. Meski demikian, kata Smith, sekuel kali ini lebih menyenangkan daripada bagian yang sebelumnya.
 


Sementara itu, kritikus film IndiWire, David Ehrlich, memiliki kesan yang jauh lebih baik dengan mengatakan bahwa film The Matrix Resurrections adalah sekuel Hollywood paling berani dan jelas sejak The Last Jedi (2017) meski dengan ‘kekonyolan’ yang tak terbatas.

Ide cerita galaksi yang murni, kata Ehrlich, telah berhasil membuat The Matrix Resurrections sebagai film reboot dan tidak berfokus pada sekuel terbarunya saja.

The Matrix Resurrections sendiri dijadwalkan tayang di bioskop dan HBO Max pada 22 Desember 2021.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Yuk Bangun Brand Purpose dalam Bisnis Kamu, Begini Caranya!

BERIKUTNYA

Mengenal Safron dan Khasiatnya Untuk Jaga Imunitas Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: