Arawinda Kirana saat menerima penghargaan Silver Yusr Award kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival (RSIFF) 2021 (Dok. Fourcolours Films)

Arawinda Kirana Sabet Penghargaan di Red Sea International Film 2021

15 December 2021   |   11:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penampilan Arawinda Kirana sebagai pemeran utama film Yuni menjadi pembuktian bahwa dia adalah aktris peran potensial di Tanah Air. Baru-baru ini, perempuan yang akrab disapa Ara itu berhasil menyabet penghargaan Silver Yusr Award kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival (RSIFF) 2021.

Hal tersebut diketahui melalui unggahan di Instagram Kamila Andini, sutradara film Yuni, pada Selasa (14/12/2021). Dalam ajang penghargaan kali ini, Ara mendapatkan undangan secara langsung untuk menghadiri gelaran festival yang dihelat di Jeddah, Arab Saudi.

Spesialnya, penghargaan tersebut juga diberikan langsung oleh salah satu sutradara ternama dunia asal Italia, yaitu Giuseppe Tornatore.

“Yuni dapet penghargaan di Arab Saudi. Penghargaan ini tentu saja menjadi apresiasi untuk seluruh keluarga besar Yuni dan perfilman Indonesia,” tulis Kamila Andini di akun instagramnya.
 

l,

Arawinda Kirana saat menerima penghargaan Silver Yusr Award kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival (RSIFF) 2021 (Dok. Fourcolours Films)

Ini bukan kali pertama Ara meraih penghargaan untuk kategori aktris terbaik. Sebelumnya, perempuan berusia 20 tahun itu juga berhasil meraih Snow Leopard for Best Actress di ajang Asian World Film Festival 2021.

Selain itu, dia juga menyabet Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik berkat aktingnya di film Yuni.

Film Yuni sendiri berkisah tentang Yuni, seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, dia menolak lamaran mereka.

(Baca juga: Jadi Simbol Kesetaraan, Warna Ungu Mendominasi Karakter Utama Film Yuni)

Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga  melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya.

Film  Yuni diperankan oleh Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara  Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne  Yasmine, Toto ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari. 

Film kolaborasi Fourcolours Films dan Starvision ini telah diputar di berbagai festival film  internasional dan mendapatkan nominasi, termasuk 14 nominasi Piala Citra di Festival Film  Indonesia 2021 dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards.

Selain itu,  film Yuni juga telah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Platform Prize di Toronto  International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Silver Hanoman di  Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kenalan Lagi dengan Daihatsu Ceria, Mobil Imut yang Kini Jadi Incaran Kolektor

BERIKUTNYA

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: