Kaca lampu mobil yang buram (dok: Toyota Auto2000)

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

15 December 2021   |   12:16 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Lampu mobil yang sudah lama tidak bisa dibersihkan dengan optimal akan menjadi buram. Fokus pencahayaannya berkurang dan efeknya kurang baik untuk kalian ketika berkendara pada malam hari ini. Untungnya, ada cara mudah untuk membersihkan lampu mobil yang buram di rumah.

Ingin tahu caranya? Simak penjelasan lengkapnya dari Toyota Auto2000 di bawah ini.


1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan


Siapkan kain microfiber, sabun cuci mobil, air hangat, minyak tanah, amplas 1500 dan 2000, serta compound atau pasta gigi. Seluruh peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk membersihkan lampu mobil kalian agar tidak buram lagi.


2. Awali dengan cuci lampu mobil


Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencuci lampu mobil seperti biasa. Gunakan sabun cuci mobil agar kotoran bisa terangkat dengan mudah. Sesudah itu, keringkan dengan kanebo sehingga proses selanjutnya yang akan dilakukan menjadi lebih maksimal.


3. Mulai racik ramuan pembersih lampu mobil


Sekarang kalian harus mulai meracik ramuan khusus alias cairan pembersih lampu mobil. Campurkan sabun cuci mobil dengan minyak tanah berdasarkan rasio perbandingan 60:40 atau 70:30. Jika sudah diracik dengan sempurna, mulai amplas lampu mobil dengan amplas 2000 sambil dicelupkan ke dalam racikan tersebut. 

Kalau memang sudah terlihat tidak terlalu buram lagi, gunakan amplas 1000. Namun sebaliknya, kalau masih terlalu buram, tetap gunakan amplas 2000 hingga merasa sudah cukup bersih. kalian bisa mengerikan lampu mobil dengan lap hingga bersih total.


4. Gunakan kompon


Kompon  yang sudah dipersiapkan bisa Anda gunakan saat ini. Oleskan kompon atau, jika tidak ada, gunakan pasta gigi secara merata ke seluruh permukaan kaca lampu mobil. Tapi kalau memang ingin hasil lebih maksimal, sebaiknya gunakan kompon.

Mengapa harus kompon? Sifatnya yang bisa mengikis akan menutupi baret atau lecet pada kaca lampu mobil Anda. Jadi hasil pembersihan lebih sempurna lagi.


5. Pola menggosok kaca lampu mobil


Selama proses perawatan, seluruh proses penggosokan harus benar dan sesuai pola yang dianjurkan. Dalam penggunaan kompon atau pasta gigi, kalian harus menggosoknya secara perlahan searah jarum jam atau berlawanan.

Selain itu jangan terlalu menekan saat menggosok karena lapisan mika lampu mobil bisa menipis. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Arawinda Kirana Sabet Penghargaan di Red Sea International Film 2021

BERIKUTNYA

Pengembang Permainan Fable Garap Proyek Game Blockchain Baru 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: