Pelabuhan yang ada di Indonesia (dok. Pexels)

Ratusan Orang dari Luar Negeri Positif Covid-19, Varian Omicron?

14 December 2021   |   10:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kamu perlu waspada ya dengan adanya varian Covid-19 Omicron yang telah menyebar di lebih dari 50 negara. Walaupun sejauh ini pemerintah belum mendeteksi adanya varian Omicron di Tanah Air, ada baiknya Genhype tidak pergi ke luar negeri lebih dulu.
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara terperinci menjabarkan bahwa dalam dua Minggu terakhir, di Bandara Soekarno Hatta tercatat 98 dari sekitar 33.000 penumpang pesawat yang positif Covid-19. 
 
"98-nya kita genome sequence sampai sekarang hasilnya masih Delta," ungkapnya. 
 
Untuk jalur laut melalui Pelabuhan Batam dalam 2 minggu terakhir, dari 3.500 penumpang yang masuk ke Indonesia, terdapat 53 orang positif Covid-19 varian Delta.  
 
"Yang darat paling banyak masuk dari Entikong, 2 minggu terakhir masuk 2.000 penumpang. Kita tes PCR semua, 37 positif dan sampai sekarang masih semuanya varian Delta," tutur Budi. 
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerangkan Inggris telah menaikkan level kewaspadaan dari level 3 menjadi 4 setelah penambahan 1.239 kasus varian Omicron pada 12 Desember. "Artinya penambahan 2 kali lipat dari 11 Desember," imbuhnya.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebut saat ini penelitian varian Omicron masih sangat terbatas. "Maka tidak ada cara lain untuk terus berhati-hati dan waspada," tegasnya.
 
Pemerintah pun meminta dengan sangat agar WNI yang tidak memiliki kepentingan sangat mendesak, tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. 
 
"Kita kurangi dulu perjalanan ke luar negeri. Bu Menlu mengatakan bagaimana di Inggris Omicron melonjak begitu cepat. Jangan gagah-gagahan," ucap Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan. 


Editor: Avicenna
 

SEBELUMNYA

Pilihan Menu Mentai yang Gurih dan Creamy

BERIKUTNYA

Kondisi Ban Ternyata Berpengaruh ke Risiko Aquaplaning

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: