Menu dengan mentai (Dok. Muhammad Syafi Al - adam dari Unsplash)

Pilihan Menu Mentai yang Gurih dan Creamy

14 December 2021   |   10:05 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Mentai atau mentaiko merupakan makanan asal Jepang yang saat ini populer di Indonesia. Mentai sendiri berisi telur ikan pollock atau ikan kod yang dibumbui dengan lada sedangkan saus mentai terdiri dari campuran telur ikan yang sudah diasinkan dengan mayonise sehingga memberi rasa creamy nan gurih.

Olahan mentai ini kemudian dikreasikan menjadi berbagai menu masakan mulai dari salmon mentai, beef mentai, dimsum mentai, hingga mentai rice yang cukup popular dan menjadi tren kuliner.

Berbagai olahan mentai tersebut biasanya terdiri dari nasi yang diberi salmon panggang, beef, atau chicken yang telah dimasak lalu disiram dengan saus mentai creamy serta diberi lembaran nori atau tobiko. Dimsum mentai juga diolah dengan tambahan saus mentai di bagian atasnya dengan potongan nori.
 

1. Mentai Tori Katsu Don

 

dok. hangry

Dok. hangry


Sejumlah resto pun berlomba-lomba menghadirkan menu dengan olahan mentai misalnya saja San Gyu by Hangry yang menghadirkan Mentai Tori Katsu Don. Menu spesial dari Hangry ini mengkombinasikan nasi, katsu, dan saus mentai spesial.

Selain harganya sangat terjangkau, satu porsi Mentai Tori Katsu Don ini akan disukai oleh seluruh anggota keluarga dan pas untuk dihidangkan di waktu santai sambil liburan virtual bersama dari rumah di akhir pekan.

(Baca juga: Peluang Bisnis dari Sensasi Gurih Saus Mentai)
 

2. Kani Mentai Rice
 

Dok. Momo Mentai

Dok. Momo Mentai


Selain itu ada pula Momo Mentai yang menawarkan nasi fusion bergaya Jepang ‘Kani Mentai Rice’, yaitu nasi putih dengan baked kani (crabstick) dan saus gurih bertekstur creamy yang dipanggang sedikit di bagian atasnya sehingga memberikan sensasi rasa yang benar-benar menggugah selera.  
 

3. Salmon Mentai Burgushi
 

dok.qraved

Dok. Qraved

Restoran lainnya yang menyediakan menu mentai adalah Burgushi yang memadukan antara burger dan sushi. Salah satu menu paling favoritnya adalah Salmon Mentai Burgushi yang terdiri dari irisan cacahan salmon, crabstick, irisan mentimun yang dibumbui mentai mayo yang creamy.

Salmon Mentai Burgushi ini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan beef burgushi yang lebih besa, sehingga mudah untuk digenggam.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Jangan Ketinggalan Ya Bunda, Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai

BERIKUTNYA

Ratusan Orang dari Luar Negeri Positif Covid-19, Varian Omicron?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: