Ilustrasi-Gustavo Fring (Pexels)

Waspadai, Ini Gejala Covid-19 Bagi Mereka yang Telah Dua Kali Vaksin

30 June 2021   |   11:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan vaksinasi. Setiap orang diharuskan menerima setidaknya satu dosis vaksin, tetapi lebih baik jika mendapatkan secara penuh yaitu dua suntikan vaksin.

Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa orang yang sudah mendapatkan dua kali suntikan vaksin pun masih bisa terinfeksi virus Covid-19.

Tim aplikasi Zoe Covid Study telah mengumpulkan data jutaan orang yang telah melaksanakan vaksinasi dan memberikan penjelasan tentang gejala Covid apa saja yang timbul pada orang yang telah divaksinasi penuh.

Seperti dilansir dari Express UK, secara umum, gejalanya sama seperti orang yang belum divaksinasi. Namun, gejala pada orang yang telah divaksinasi penuh memiliki periode waktu gejala lebih singkat dan tidak terlalu parah sehingga menjadi lebih cepat membaik.
 
Ilustrasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Hasil data menunjukkan, gejala Covid-19 yang sering terjadi setelah mendapat vaksin penuh adalah sakit kepala, pilek, bersin, dan sakit tenggorokan.

Namun, analis aplikasi menemukan gejala umum juga seperti anosmia (kehilangan penciuman), sesak napas, dan demam yang juga dialami oleh orang-orang belum mendapatkan vaksin sama sekali.

“Mengalami batuk terus menerus jika sudah memiliki dua dosis vaksin tidak lagi menjadi indikator utama terinfeksi virus Covid,” ujar analis.

Selain itu, tim aplikasi itu juga menyatakan bahwa berdasarkan data, ditunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi penuh kemudian dites hasilnya positif Covid, lebih mungkin melaporkan bersin sebagai gejala dibandingkan dengan mereka yang belum vaksin.

Jika seseorang telah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa sebab, tim aplikasi menyarankan untuk melakukan tes Covid, terutama untuk mereka yang tinggal atau bekerja di lingkungan orang yang berisiko besar untuk terinfeksi virus Covid.

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Inilah 5 Tips Kulit Wajah Mulus dan Ternutrisi Alami Ala Italia

BERIKUTNYA

7 Soundtrack Doom At Your Service Ini Wajib Masuk Playlist Musik Kalian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: