Ilustrasi pernikahan (Dok. Victoria Priessnitz/Unsplash)

Biar Minim Sampah, Ini 6 Tips Bikin Zero Waste Wedding

08 December 2021   |   21:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam hidup seseorang. Namun, pernikahan juga kerap menjadi acara yang menghasilkan banyak sampah, mulai dari persiapan hingga berlangsungnya acara. Belakangan, para calon pengantin mulai mengusung tema pernikahan ramah lingkungan atau zero waste wedding.

Melansir dari laman The Bridestory, Rabu (8/12/2021), zero waste wedding adalah konsep resepsi pernikahan yang meminimalisir produksi limbah pada perhelatan yang identik dengan kemewahan ini. Dengan kata lain, segala elemen pendukung resepsi pernikahan harus merujuk pada tidak menghasilkan sampah dalam bentuk apapun dan dengan jumlah yang besar.

“Kami pernah melakukan research, bahwa ternyata secara rata-rata acara pernikahan bisa menghasilkan 272 kilogram sampah dan 63 ton emisi karbon. Bayangkan saja dari satu perhelatan pernikahan bisa menghasilkan sampah sebanyak itu,” ujar Anastasia A. Setiabudi, Chief Operating Officer Sukkha Citta.

Oleh karena itu, Anastasia juga memberikan beberapa tips untuk membuat zero waste wedding untuk para calon pengantin seperti berikut ini.


1. Tentukan skala resepsi pernikahan


Untuk meminimalisir produksi sampah, skala resepsi pernikahan menjadi hal yang sangat penting. Kamu perlu menentukan berapa banyak tamu undangan yang hadir dalam resepsi pernikahan.

Namun ingat, semakin banyak tamu yang datang maka skala produksi sampahnya semakin besar. Setelah itu, kamu bisa mulai mempersiapkan daftar tamu undangannya.
 

2. Gunakan undangan elektronik


Saat ini undangan elektronik sudah sangat lumrah digunakan oleh calon pengantin yang disebarkan melalui media sosial. Beberapa di antaranya juga ada yang mengumumkan hari pernikahannya melalui website khusus.

Hal ini tentunya bisa menjadi opsi untuk mengurangi sampah dari undangan fisik. Namun, jika perlu, kamu bisa menggunakan undangan fisik berbahan kertas daur ulang dan tanpa dilapisi plastik.

t

Ilustrasi pernikahan (Dok. Victoria Priessnitz/Unsplash)

 

1
2


SEBELUMNYA

Kunjungan di BTS Pop Up: Map of The Soul Dibatasi Hanya 45 Menit

BERIKUTNYA

Resmi Rilis, Intip Sinopsis Film West Side Story Karya Steven Spielberg

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: