Cuplikan situs Dojacode.com. (Dok. Twitter/Girls Who Code)

Video Klip Interaktif Doja Cat Kenalkan Bahasa Pemrograman

06 December 2021   |   13:45 WIB

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam ilmu komputer selama ini dikenal sebagai salah satu materi yang sulit diimplementasikan ke dalam beberapa medium hiburan. Namun, video klip dari penyanyi Doja Cat yang berjudul Woman yang justru menunjukkan kalau bahasa pemrograman bisa diperkenalkan dengan cara yang asyik.

Video klip yang dirilis pada Sabtu (04/12) ini memperkenalkan tiga jenis bahasa pemrograman melalui video interaktif yang dibuat oleh Doja Cat bersama organisasi Girls Who Code yang mendukung perempuan untuk ikut terlibat dalam bidang ilmu komputer.
 
Dalam laporan The Verge, kerja sama ini menghasilkan sebuah video interaktif yang disebut sebagai video klip dengan penyesuaian kode pertama. Tujuan dari perilisan produk interaktif ini adalah untuk mengenalkan masyarakat dengan beberapa bahasa pemrograman umum melalui pendekatan yang berbeda.

Video klip Woman versi interaktif ini bisa diakses di situs resmi Dojacode.com, di mana video klip berkonsep futuristik ini hadir dengan tiga warna bintang yang berbeda-beda. CSS dengan warna simbol biru, JavaScript dengan warna biru, dan Python dengan warna merah muda. 

Kode-kode ini akan muncul otomatis di timestamp tertentu dan pengunjung hanya mengisi kode-kode yang kosong sesuai dengan preferensinya setelah memutar video klip Woman di situs tersebut.

(Baca juga: Mau Jadi Programmer? Coba 5 Aplikasi Ponsel Ini buat Belajar Coding)

Dengan ini, pengguna tidak perlu belajar dahulu untuk menggunakannya karena saat pengguna memasukkan angka atau kode warna tertentu, hasilnya bisa langsung muncul di layar saat itu juga.

Timestamp yang muncul nantinya bisa menunda video dan memunculkan kode yang diperkenalkan. Setelah itu, muncul tulisan putih terang yang muncul agar pengguna bisa mengisi warna atau jumlah angka sesuai keinginan mereka.

Beberapa contohya adalah kode warna yang diisi dengan nama warna, kode kecepatan animasi dengan angka, hingga kode lokasi yang diisi dengan nama kota.

Setelah selesai menonton video dan menyelesaikan pengisian kode-kode bahasa pemrograman, pengguna akan melihat hasil karya mereka yang bisa diunduh atau dibagikan ke media sosial.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Diadaptasi dari Lagu, Film Akad Bakal Tayang Februari 2022

BERIKUTNYA

Stafnya Positif Covid-19, Girl Group Kep1er Tunda Debut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: