Ilustrasi programmer (Sumber gambar: Danial Igdery/Unsplash)

Mau Jadi Programmer? Coba 5 Aplikasi Ponsel Ini buat Belajar Coding

24 August 2021   |   18:39 WIB

Bahasa pemrograman atau coding telah menjadi keterampilan yang banyak dipelajari karena dunia yang makin digital dan canggih. Ini juga merupakan keterampilan yang dibutuhkan pada era industri 4.0. Bahasa pemrograman terdiri dari himpunan aturan sintaks dan semantik yang dipakai guna mendefinisikan program komputer.

Secara sederhana coding didefinisikan sebagai sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu yang telah ditentukan. Fungsi utamanya adalah untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah atau logika penyelesaian yang telah dibuat oleh si pembuat.

Baca juga: Cek, Rekomendasi Laptop yang Cocok buat Programmer

Hingga kini, ada anggapan bahwa belajar coding sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, para ilmuwan telah melakukan berbagai inovasi guna memudahkan dan menyederhanakan proses ini.

Salah satunya adalah dengan pengembangan aplikasi belajar bahasa pemrograman. Dirangkum oleh Hypeabis.id, berikut ini adalah sejumlah aplikasi ponsel untuk belajar coding yang bisa diunduh di Google Play Store:


1. SoloLearn


Ini merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa pemrograman paling populer, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store. SoloLearn menawarkan konten pembelajaran dari tahapan pemula hingga profesional.

Selain itu, aplikasi juga menjadi wadah dari komunitas pengembang aplikasi yang saling berbagi konten pembelajaran baru. Tahun ini, SoloLearn juga memenangkan penghargaan EdTech Breakthrough untuk kategori Best Computer Coding Education Solution. 


2. Programming Hub

 

Programming Hub merupakan aplikasi belajar coding yang populer. Perangkat lunak ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store dan mendapatkan ulasan yang positif dari banyak pengguna.

Aplikasi ini dibuat berdasarkan penelitian dan kolaborasi dengan pakar Google. Programming Hub memiliki koleksi lebih dari 5.000 contoh program kode dari berbagai platform seperti C++, HTML, Javascript, dan lain sebagainya.


3. Mimo


Mimo merupakan aplikasi belajar bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Mimohello GmbH sejak 2018. Aplikasi yang menyajikan konten coding dengan menarik dan interaktif ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali.

Aplikasi ini menyajikan konten pembelajaran yang dibuat oleh para profesional agar penggunanya dapat belajar dan berlatih langsung di proyek dunia nyata dalam format HTML, JavaScript, CSS, Python, dan SQL.


4. Dcoder

 

Dcoder merupakan aplikasi belajar coding yang dikembangkan oleh Paprbit Inc, perusahaan rintisan yang berfokus pada pengembangan keterampilan digital. Sejak dirilis pada 2016, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Aplikasi ini menyediakan fitur latihan coding dalam beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, Java, PHP, Pascal, dan lain-lain. Pengembang juga menyediakan modul belajar gratis dalam berbagai bahasa dan dilengkapi dengan berita terkini dari dunia pengembangan aplikasi.


5. Java N-IDE


Java N-IDE - Android Builder merupakan aplikasi pemrograman yang cukup lengkap di ponsel pintar. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali di toko aplikasi Google Play Store.

Aplikasi dilengkapi dengan fitur pembangun aplikasi Android yang cocok bagi para pengguna yang ingin belajar membuat program Java. Aplikasi ini juga dapat dijalankan secara offline tanpa harus menggunakan internet dan memiliki tampilan yang menarik.


Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

8 Tips Beli Mobil Bekas Tanpa Bikin Kantong Bolong

BERIKUTNYA

4 Alasan Kenapa Wajib Tonton Serial The Ferryman: Legends of Nanyang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: