Ilustrasi memoles mobil (dok: Suzuki Indonesia)

Hasilnya Maksimal, Ini Cara Poles Mobil yang Baik & Benar

29 November 2021   |   15:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

6. Poles tiga bagian utama mobil


Langkah selanjutnya yaitu memoles tiga bagian utama mobil. Pertama adalah bagian atas mobil. Kedua yaitu mobil bagian samping, kemudian yang ketiga bagian depan dan belakang. Bagian-bagian tersebut harus dikerjakan secara urut dan step by step.

Selain tiga bagian tersebut, sebenarnya ada lagi yang sangat perlu dilakukan pemolesan. Bagian tersebut adalah velg mobil dan mika. Kedua bagian tersebut perlu dipoles agar tampilannya juga terlihat lebih mengkilap dan bersih.
 

7. Lakukan pemolesan secara merata


Pemolesan mobil harus dilakukan secara merata. Gunakan kain bertekstur yang sudah diberi cairan poles. Mulai lakukan pemolesan dari bagian yang paling atas dan pastikan polesan merata ke semua bagian. Setelah bagian atas selesai, lanjut ke bagian samping mobil.

Kemudian, yang terakhir yaitu bagian depan dan belakang. Pemolesan bisa kalian lakukan dengan teknik memutar dan diulang-ulang. Untuk setiap bagiannya, lakukan pemolesan dengan cara yang sama. Kalian hanya perlu mengulangi langkah-langkahnya saja.

Namun, jika kalian menggunakan mesin poles, jangan terlalu lama agar tidak merusak permukaan cat. Selain itu, kalian juga harus memastikan jika mesin tidak ditekan terlalu keras. Hal tersebut bertujuan agar polesan yang dihasilkan lebih maksimal.
 

8. Jangan lupa lakukan proses lapping


Lapping perlu dilakukan untuk memberikan efek kilap pada mobil. Caranya pun sangat mudah dilakukan. Pertama, ambil mesin poles yang menggunakan kain lap halus. Namun sebelumnya, bubuhi cairan poles pada kain halus tersebut. Selanjutnya, poles ke seluruh permukaan mobil.

Lakukan proses lapping ini dengan pelan dan penuh kehati-hatian. Namun ingat, jangan terlalu menekannya jika tidak ingin merusak lapisan cat mobil. Ulangi beberapa kali sampai permukaan mobil mengkilap seluruhnya. Mudah sekali bukan?
 

9. Periksa lagi bagian-bagian mobil


Setelah proses lapping selesai, tahap yang terakhir yaitu memeriksa ulang bagian-bagian mobil. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencari tahu apakah masih ada bagian mobil yang terlewatkan. Mungkin saja masih ada bagian yang belum terpoles sempurna.

Jika kalian menemukan bagian tersebut, segera lakukan pemolesan. Apabila semuanya sudah dirasa cukup, berarti proses pemolesan mobil telah selesai dilakukan. Mobil kalian terlihat lebih bersih dan mengkilap seperti baru keluar dari showroom. 

Pada dasarnya, cara poles mobil sangat mudah. Tidak perlu membayar orang lain jika kalian bisa melakukannya sendiri di rumah. 


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Sukses Gelar Konser di AS, BTS Bertemu dengan Anderson .Paak

BERIKUTNYA

Indonesia dan 5 Negara Lainnya Putuskan Tidak Ikut Miss Universe di Israel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: