Ilustrasi (Photo by Avinash Patel from Pexels)

Selama PPKM Mobil di Garasi Aja? Simak Tips Ini Supaya Kendaraanmu Tetap Prima

03 August 2021   |   21:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari-hari panjang pandemi membuat mobil kita tersimpan di garasi selama sebulan lebih. Bagi sebagian orang, kondisi ini bahkan dialami jauh sebelum pandemi atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Baru saat ingin bepergian, orang langsung bergegas ke bengkel untuk menyegarkan kembali mesin mobil.

Padahal biaya bengkel bisa dihindari dengan mengikuti langkah-langkah perawatan mobil yang benar. Berikut adalah beberapa tips dari PT Astra Daihatsu Motor tentang cara menyimpan dan merawat mobil agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

1. Memanaskan mesin mobil secara teratur
Panaskan mobil paling tidak satu kali dalam seminggu kurang lebih 10-20 menit untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Sebab, mobil yang tidak dipakai biasanya mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya. Di sini perlu juga diingat bahwa saat memanaskan mobil, pastikan asap knalpot tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Menjaga tekanan angin pada ban
Genhype dapat menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Selain itu, dianjurkan juga untuk menggerakan kendaraan maju–mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan dikarenakan flat spot dapat dicegah.

3. Pilih area parkir yang paling tepat, garasi rumah menjadi pilihan terbaik
Bagi Genhype yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

4. Transmisi dan rem parkir diperhatikan
Demi keamanan, aktifkan rem parkir sekalipun kendaraan berhenti di bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan tuas transmisi pada posisi P (parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

5. Jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eksterior dan interior secara berkala
Pastikan tidak ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Penyintas Covid-19, Ini Alasan Kamu Tetap Perlu Disuntik Vaksin

BERIKUTNYA

Simak Rekomendasi Film & Serial Disney+ Hotstar Agustus 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: