Ilustrasi memoles mobil (dok: Suzuki Indonesia)

Hasilnya Maksimal, Ini Cara Poles Mobil yang Baik & Benar

29 November 2021   |   15:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Memoles mobil merupakan hal penting dan harus dilakukan sebagai bentuk perbaikan dan perawatan. Mobil yang pernah dipoles pasti akan lebih awet dan tahan lama. Sebelum masuk pada langkah-langkah memoles mobil, ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan polishing atau poles.

Poles merupakan suatu proses pengikisan lapisan clear coat pada cat mobil dalam rangka meratakan permukaannya. Selain membuat mobil mengkilap, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan setelah mobil dipoles. Di antaranya yaitu memudahkan kalian saat merawatnya.

Mobil yang pernah dipoles akan lebih mudah ketika dibersihkan. Selain itu, pemolesan juga dapat memperlambat penuaan meskipun mobil terlalu sering terpapar sinar UV.

Meski demikian, poles mobil tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat membuat cat terkikis. Oleh karena itu, pemolesan sebaiknya dilakukan setiap 2-3 tahun sekali saja.

Memoles mobil memang bisa dilakukan sendiri di rumah, akan tetapi kalian harus mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar. Berikut ini adalah cara memoles mobil menurut Suzuki Indonesia.


1. Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu


Sebelum melangkah ke tahap pemolesan, sebaiknya Anda siapkan alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan. Di antaranya yaitu cairan yang digunakan untuk memoles dan mesin polesnya. Ada baiknya cairan dipilih yang memiliki kualitas tinggi agar hasilnya bagus dan tahan lama.

Selain itu, mesin poles juga harus ada agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Perlu Anda ketahui, mesin poles memiliki dua jenis kain yaitu kasar dan halus.

Kain kasar biasanya digunakan untuk meratakan cairan ke seluruh permukaan mobil. Sedangkan kain halus berfungsi untuk memberikan efek kilap pada permukaannya.


2. Pilih waktu yang tepat


Pemolesan mobil merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan waktu lumayan lama. Oleh karena itu, pilih waktu yang tepat dan cukup agar proses pemolesan tidak diganggu pekerjaan lain. Pemolesan pun juga tidak boleh dilakukan secara terburu-buru jika ingin hasil maksimal.

Waktu pemolesan tergantung pada detail dan kekusaman mobil kalian. Jika mobil terlalu kusam, maka proses pemolesan akan semakin lama, begitu pula sebaliknya. Kemudian untuk hasil yang lebih rapi, maka Anda harus menyiapkan waktu yang benar-benar longgar.
 

3. Siapkan area yang terang dan luas


Area pemolesan juga menjadi hal yang sangat penting dan benar-benar perlu dipersiapkan. Kalian bisa menggunakan garasi atau halaman rumah. Area terang dan luas akan sangat memudahkan Anda dalam proses pemolesan. Namun, pastikan pula area tersebut tidak berdebu.
 

4. Bersihkan mobil terlebih dahulu


Sebelum dipoles, mobil sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Pembersihan mobil bisa dilakukan dengan cara mencucinya. Tahapan dalam cara poles mobil yang satu ini hukumnya wajib. Jadi, tidak boleh sampai dilewatkan begitu saja.

Ketika dicuci, pastikan semua debu dan kotoran yang menempel di badan mobil benar-benar hilang. Pasalnya, kotoran atau debu yang menempel dapat merusak polesan.

Selain itu, proses pemolesan pun juga akan terganggu karena adanya debu atau kotoran yang masih menempel di badan mobil.
 

5. Keringkan mobil setelah dicuci


Setelah dicuci, mobil harus dikeringkan. Pengeringan bisa dilakukan secara alami melalui udara dan cuaca panas. Namun, tentu pengeringan semacam ini akan memakan waktu lebih lama. Untuk memudahkan dan mempercepat proses pengeringan, kalian bisa memanfaatkan microfiber.

Microfiber kerap digunakan di tempat-tempat yang menyediakan jasa cuci mobil karena lapisannya yang lembut dan aman. Selain itu, microfiber juga memiliki daya serap lebih baik. Dengan demikian, mobil akan lebih cepat kering.

 
1
2


SEBELUMNYA

Sukses Gelar Konser di AS, BTS Bertemu dengan Anderson .Paak

BERIKUTNYA

Indonesia dan 5 Negara Lainnya Putuskan Tidak Ikut Miss Universe di Israel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: