Samsung One UI 4 (dok: Samsung Electronics Co., Ltd)

Update One UI 4 Samsung, Apa Saja yang Baru?

26 November 2021   |   15:29 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini mengumumkan peluncuran resmi One UI 4, yang hadir pertama kali pada seri Galaxy S21, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra. Dengan opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem Samsung, One UI 4 menghadirkan pengalaman mobile canggih untuk penggunanya.

Menurut Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business Samsung Electronic, Janghyun Yoon, One UI 4 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman mobile yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik dan mengekspresikan kepribadian masing-masing. 

Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, pengguna dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background. Singkatnya, user interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan.

"Dengan One UI 4, Anda akan mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan. Dengan widget yang dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail, mengekspresikan signature style Anda di smartphone menjadi sangat mudah," katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Hypeabis.id pada Jumat (26/11/2021). 

(Baca juga: Samsung Kembangkan DRAM Next-Gen untuk Ponsel hingga Metaverse)

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam—mulai dari visibilitas hingga tampilan. Pengguna pun dapat meletakkan widget penting di lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas, hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Pengguna juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga mereka dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Jika satu emoji masih kurang, pengguna juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan mereka saat itu. Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard perangkat.

Melalui One UI 4, Samsung juga menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru, sehingga kalian dapat memilih apa saja yang ingin dibagikan atau rahasiakan.

Dengan One UI 4, memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari memberikan peringatan untuk pengguna hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon, hingga dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol ke satu tempat yang nyaman dipantau.

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Spotify Uji Coba Konten Video Mirip Format TikTok

BERIKUTNYA

Ini Inovasi Baru dalam Borobudur Marathon 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: