Spotify (dok. Unsplash/Sara Kurfees)

Spotify Uji Coba Konten Video Mirip Format TikTok

26 November 2021   |   14:50 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Platorm berbagi video TikTok telah menjadi fenomena di jagat sosial media. Kepopuleran format video yang dibawa telah menginspirasi perusahaan lain mengembangkan ide yang serupa, termasuk Instagram dengan Reels dan YouTube dengan Shorts. 

Kini, platform streaming music Spotify juga masuk dalam daftar tersebut. Laporan TechCrunch menyatakan bahwa perusahaan mengonfirmasi tengah melakukan uji coba fitur baru di aplikasinya yang menyajikan umpan vertikal video bernama Discover. 

Uji coba fitur ini memang baru dilakukan terhadap kelompok kecil pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS. Bagi mereka yang mendapat akses, fitur itu muncul sebagai tab baru di bagian bawah aplikasi Spotify.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa dari tes itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang lebih luas," kata juru bicara Spotify.

(Baca juga: Spotify Bikin Fitur Khusus Netflix Hub, Apa Itu?)

Penambahan fitur video gaya TikTok di Spotify pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter Chris Messina. Dia mengunggah tweet dari fitur anyar bernama Discover yang mirip dengan umpan video musik TikTok.

Messina mengatakan bahwa dia menemukan fitur tersebut di Spotify TestFlight build (versi beta untuk iOS), di mana ikon baru di bilah navigasi akan membawa pengguna ke umpan video saat diklik.

Selanjutnya, pengguna bisa menggeser ke atas dan ke bawah untuk melakukan penelusuran. Ada juga tombol hati untuk menyukai lagi, dan menu tiga titik untuk memunculkanl embar informasi lagu.

Messina juga berspekulasi bahwa fitur itu mungkin memanfaatkan format Canvas Spotify yang sudah ada. Sebagai informasi Canvas pertama kali diperkenalkan pada 2019 yang memungkinkan artis membuat video yang mengiringi musik mereka di aplikasi Spotify.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Bebas Canggung! Ini Cara Cairkan Momen Kenalan dengan Calon Mertua

BERIKUTNYA

Update One UI 4 Samsung, Apa Saja yang Baru?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: