Ilustrasi (Dok. cottonbro/Pexels)

Simak 6 Tips Aman Memilih Bedak untuk Kulit Sensitif

23 November 2021   |   20:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memilih bedak untuk wajah perlu disesuaikan dengan tipe kulit, terlebih jika kulit wajah kamu adalah termasuk yang sensitif. Kamu perlu menemukan bedak yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, kulit justru akan menunjukkan gejala iritasi seperti kemerahan, gatal, bahkan jerawat.

Namun Genhype tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memilih bedak untuk kulit sensitif seperti dilansir dari The Klog, Selasa (23/11/2021).


1. Lakukan tes alergi sederhana

Kulit sensitif cenderung mudah breakout atau bruntusan, sekalipun wajah dalam keadaan tidak menggunakan makeup. Kulit sensitif bisa disebabkan oleh kulit terlalu kering, alergi, atau terkena bahan aktif dalam makeup dalam jumlah yang lebih banyak dari yang bisa diterima kulit. Untuk melihat kecocokan bedak, kamu perlu melakukan tes alergi sederhana.

Tes alergi sangat dianjurkan untuk orang-orang berkulit sensitif agar tidak merusak kulit. Caranya, kamu bisa mencoba memakai suatu merek bedak di daerah leher samping. Jika selama 24 jam tidak terjadi tanda-tanda alergi seperti gatal atau kemerahan, berarti bedak tersebut aman untuk kulit kamu.
 

2. Perhatikan kandungan 'tersembunyi' pada label bedak

Kamu juga perlu membaca kandungan dari bedak yang akan kamu gunakan. Bukan tidak mungkin, ada satu kandungan saja yang menjadi penyebab kulit sensitif, kamu tidak cocok menggunakan bedak tersebut. Bacalah kandungan dari tulisan yang paling kecil, karena kandungan tersebut ‘disembunyikan’ oleh kandungan lainnya yang terlihat baik untuk kulit kamu.
 

Ilustrasi (Dok. pixabay/Pexels)

Ilustrasi (Dok. pixabay/Pexels)


3. Pilih formulasi bedak yang tepat

Memilih bedak untuk kulit sensitif berarti memilih kandungan yang mampu membuat pertahanan lebih pada kulit. Dua bahan yang dianjurkan untuk kulit sensitif adalah titanium oxide dan zinc oxide yang  berfungsi untuk menjaga kulit dari sinar matahari atau UV protection.

Kedua bahan aktif tersebut bisa kamu temukan pada bedak tabur berbahan dasar mineral atau loose mineral powder.

(Baca juga: Kenapa Tinted Lip Balm Jadi Produk Makeup Wajib Dimiliki? Yuk Cari Tahu!)
 

4. Hindari bedak dengan kandungan parfum

Menghindari kandungan parfum atau wewangian pada makeup adalah langkah pertama untuk mendapatkan produk yang tidak merusak kulit. Sebab, kandungan parfum bisa melemahkan lapisan dalam kulit sehingga memperparah kulit sensitif.

Pastikan kamu menggunakan bedak dengan keterangan fragrance free yang berarti tidak ada parfum atau wewangian dalam produk tersebut.
 

5. Hindari bedak dengan kandungan bahan pengawet

Pada bagian label bedak, kamu perlu memperhatikan apakah ada bahan pengawet yang terkandung dalam produk tersebut. Pengawet atau preservatives bisa saja dimasukkan ke dalam bedak untuk mencegah terbentuknya pertumbuhan bakteri dan jamur.

Salah satu zat pengawet yang biasanya terkandung dalam produk skincare atau makeup adalah paraben. Jadi, pastikan bahan tersebut tidak ada dalam bedak yang akan kamu gunakan.


6. Pilih bedak bersifat hypoallergenic

Kandungan hypoallergenic pada bedak dapat mencegah timbulnya alergi atau iritasi sebagai efek samping menggunakan produk makeup tertentu.

Bedak dengan sifat hypoallergenic juga tidak mengandung wewangian tertentu, sehingga sangat aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif yang kondisi kulitnya cenderung kering.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Burberry Dirikan Pop-Up Store dengan Fasad Reflektif di Pulau Jeju

BERIKUTNYA

Moms, Perhatikan Tanda Bahaya pada Tahapan Bicara Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: