Ilustrasi (Dok. lookstudio/Freepik)

Ladies, Kenali Perbedaan Lipstik & Lip Cream Berikut Ini

22 November 2021   |   17:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pasti setuju kalau riasan bibir yang tepat berperan penting untuk penampilan. Sebab, riasan bibir merupakan alat make up yang bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih fresh dan merona. Tak heran jika riasan bibir sudah seperti barang wajib yang harus selalu dibawa untuk menjaga penampilan tetap on point.

Dari berbagai jenis produk riasan bibir, lip cream dan lipstik merupakan dua jenis produk riasan bibir yang paling digemari. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai riasan bibir, ternyata ada perbedaan lho antara lipstik dan lip cream. Apa saja?
 

1. Tekstur

Secara kasat mata, perbedaan lip cream dan lipstik terlihat dari teksturnya. Produk lipstik konvensional umumnya memiliki tekstur yang padat berbentuk batangan (stick).

Namun, dengan adanya inovasi-inovasi dalam industri kecantikan, produk lipstik kini memiliki bentuk yang beragam, salah satunya berupa crayon. Meskipun masih memiliki tekstur yang padat, bentuk lipstik crayon biasanya lebih ramping jika dibandingkan lipstik pada umumnya.

Berbeda dengan lipstik yang memiliki tekstur padat, lip cream sesuai dengan namanya memiliki tekstur yang lebih cair namun sedikit kental atau creamy. Oleh sebab itu, umumnya lip cream juga sering disebut sebagai liquid lipstick atau lipstik cair.
 

Ilustrasi lipstik (Dok. Evangeline Sarney/Unsplash)

Ilustrasi lipstik (Dok. Evangeline Sarney/Unsplash)


2. Formulasi


Perbedaan lip cream dan lipstik juga terletak pada formula, kandungan serta bahan dasarnya. Umumnya, lipstik diformulasikan dengan minyak mineral dan beberapa bahan lainnya seperti beeswax, agar memudahkan proses pembuatan lipstik sehingga memiliki bentuk yang padat sempurna.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk pewarna bibir ini biasanya akan membuat lipstik memiliki formula yang lebih creamy dan membuat kulit bibir menjadi tetap lembap. Namun, tak jarang bahan-bahan itu juga akan menghasilkan rasa thick dan lengket saat diaplikasikan ke bibir.

Berbeda dengan lipstik, produk lip cream memiliki bahan dasar utama berupa air, sehingga umumnya lip cream atau liquid lipstick memiliki formula yang terasa ringan di bibir. Selain itu, formulasi dari lip cream juga membuatnya lebih mudah kering di bibir dan tahan lama, terutama produk lip cream yang memiliki hasil akhir matte.

(Baca juga: Kenapa Tinted Lip Balm Jadi Produk Makeup Wajib Dimiliki? Yuk Cari Tahu!)

 

f

Ilustrasi lip cream (Dok. Freepik)

3. Pigmentasi warna


Umumnya, pigmentasi warna dari lipstik cenderung sheer sehingga warnanya pun tampak lebih tipis. Alhasil, jika kamu menginginkan tampilan bibir yang tertutup dengan sempurna, kamu harus mengaplikasikannya beberapa kali hingga mencapai kepekatan yang diinginkan.

Oleh karena itu, lipstik bisa menjadi pilihan yang cocok kalau kamu menginginkan tampilan bibir yang alami dan tidak terlalu mencolok.

Sementara untuk tampilan bibir yang lebih bold, kamu bisa menggunakan lip cream yang cenderung memiliki pigmentasi warna yang tinggi serta tidak mudah pudar jika dibandingkan dengan lipstik.
 

4. Kemasan


Secara kemasan, umumnya lipstik dikemas secara retractable untuk memudahkan penggunanya dalam mengeluarkan dan mengaplikasikan produk. Sedangkan pada lip cream biasanya dikemas dalam wadah seperti botol namun dengan ukuran kecil serta bentuk yang ramping.

Pada bagian tutup kemasan lip cream, menempel aplikator untuk memudahkan dalam pengambilan serta penggunaan produk. Biasanya aplikator yang terdapat di lip cream berbentuk doe foot atau seperti anak panah.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Galeri Nasional Agendakan Pameran Zaman Peralihan

BERIKUTNYA

Liburan Yuk! Air Asia Buka Kembali 9 Rute Domestik Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: