Ilustrasi pakaian (Dok. Unsplash/Waldemar Brandt)

Hujan Melulu, Ini 5 Cara Keringkan Baju Tanpa Sinar Matahari

21 November 2021   |   14:32 WIB

Memasuki musim hujan, pakaian yang kita siapkan untuk kerja akan sulit dijemur. Stok pakaian menipis, dan akhirnya mau tak mau kita pun menggunakan berbagai cara agar baju tersebut cepat kering. Salah satunya adalah dengan mempercepat pengeringan tanpa sinar matahari.

Mengeringkan baju tanpa sinar matahari sebenarnya tak sulit, karena dapat memanfaatkan benda atau peralatan di rumah. Meski tidak sesempurna menjemur di bawah sinar matahari, cara-cara ini bisa membantu kita yang berada dalam situasi kepepet. Apa saja? Berikut 5 cara keringkan baju tanpa sinar matahari,
 

1. Menggunakan Mesin Cuci

Salah satu fitur yang lazim ditemukan pada mesin cuci adalah pengering. Baik itu mesin cuci dengan dua tabung maupun satu tabung. Bila kalian ingin mengeringkan baju dengan cepat, maka bisa menggunakan fitur ini. 

Akan tetapi perlu diingat bahwa fitur ini tidak mengeringkan hingga 100%, melainkan hanya 70-80%. Meski begitu, baju yang dikeringkan dari mesin cuci masih bisa dikenakan. Setidaknya ketika terpapar angin atau sinar matahari saat dalam perjalanan, baju bakal kering sepenuhnya. 

 

2. Hair Dryer

Selain digunakan untuk pengering rambut, kalian juga bisa kok menggunakan hair dryer untuk mengeringkan baju. Hair dryer memiliki kemampuan mengaliri udara atau angin panas yang biasa dimanfaatkan untuk mengeringkan rambut. 

Nah untuk urusan baju basah, kalian bisa menggunakan fitur hair dryer tersebut. Kita tinggal arahkan hair dryer ke baju yang masih basah, layaknya ketika kita mengeringkan rambut. 


(Baca juga: Ingin Tidur Berkualitas? Ini Tips Memilih Baju Tidur yang Nyaman)


3. Kipas Angin

Air biasanya akan menghilang bila terus menerus diterpa oleh angin. Karena itulah kenapa kipas angin bisa kalian gunakan untuk mengeringkan pakaian. Kalian bisa taruh baju yang sudah diperas atau tingkat kebasahannya sudah berkurang 30%, kemudian diletakkan di depan kipas angin. Tentunya dengan volume tertinggi agar mempercepat proses pengeringan. 

Tapi memang cara mengeringkan pakaian dengan menggunakan kipas angin ini cukup membutuhkan waktu yang lama, belum lagi wanginya bisa tercium apek.


4. Setrika

Alat ini sejatinya diperuntukkan untuk merapikan pakaian kita agar tidak kusut. Namun tak salah juga bila kalian menggunakannya untuk mengeringkan baju. Sebab panas yang dihasilkan setrika dapat menghilangkan kadar air dalam baju dengan cepat. 

Tentu kalian perlu perhatikan pengaturan dan hal lainnya. Dalam hal ini kalian peru memastikan jika suhu yang digunakan tidak terlalu panas. Sebab jika lengah baju kalian bisa sobek. 


5. Gunakan Handuk

Handuk diyakini dapat menyerap air dengan cepat. Caranya kalian bisa menggunakan menaruh pakaian yang masih basah di atas handuk d permukaan datar, kemudian setelah itu digulung bersamaan hingga airnya meresap ke dalam.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Pola Kerja Hybrid Bakal Jadi Tren, Perusahaan Perlu Siapkan Strategi

BERIKUTNYA

Sehun EXO Debut Akting dalam Drama Serial Now, We Are Breaking Up

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: