Ilustrasi kos-kosan nyaman (Sumber foto: Unsplash/Grant)

Jangan Biasakan Tumpuk Baju Kotor, Simak Saran Desainer Interior agar Kamar Kos Nyaman

15 December 2023   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Bila kalian harus menetap di kota lain karena alasan pekerjaan, menyewa tempat tinggal sementara seperti kamar kos atau apartemen tipe studio bisa menjadi solusi terbaik. Bukan rahasia lagi, jika ruangan pada kamar kos atau apartemen studio, umumnya memiliki keterbatasan luas, yang berdampak pada sempitnya ruang gerak penyewanya. 

Meski demikian, dengan menyiasati keterbatasan ruang ini dengan baik, ruang yang sesempit apa pun bisa tetap terasa nyaman dan seperti di rumah. Kalian bisa memperhatikan pola masyarakat Jepang yang tinggal di share house, tetap merasa nyaman meski ruangan yang digunakan cukup kecil. Penataan dan pemilihan perabot minimalis multifungsi menjadi solusi utama untuk mengatasi keterbatasan ruang.

Baca juga: 4 Ide Desain Kamar Kos Fleksibel untuk Mahasiswa

Terkait persoalan ini, ada beberapa hal yang bisa kalian coba agar kamar kos kalian terasa nyaman, kendati secara ruang terbatas. 


Perhatikan Elemen Utama

Desainer interior, Prasetyo Budhi, seperti dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekend menekankan bahwa beberapa elemen utama yang perlu diperhatikan saat menata kamar kos agar terlihat luas adalah letak jendela, pintu, dan sirkulasi gerak dalam ruangan. Setelah memperhatikan elemen-elemen tersebut, rencanakanlah tata letak perabotan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang telah disebutkan sebelumnya. "Prioritaskan warna dan kebutuhan perabotan pokok penghuni kamar," ujarnya.


Cermati Perabotan Kos-kosan

Perabot yang dipilih harus benar-benar dipertimbangkan sesuai dengan luas kamar kos. Sebagai contoh, memilih lemari pakaian dengan pintu geser seperti gaya Jepang, bukanlah model swing. Selain itu, bisa juga memilih sofa yang dapat dijadikan sebagai tempat tidur. "Pilihan perabotan sebaiknya bergaya modern, sederhana, dan memiliki dimensi yang ramping," ujar Prasetyo.


Hindari Kesalahan Ini

Untuk penataan furnitur, disarankan untuk menyesuaikan dengan selera dan aktivitas penghuni. Namun, hindari sebisa mungkin peletakan furnitur atau partisi yang menghalangi pandangan dan pencahayaan di dalam ruang kos agar tidak memberikan kesan sempit.

Apabila diperlukan pemisah ruangan, sebaiknya pilihlah bahan yang tembus pandang seperti kaca, sheer curtain, atau motif laser cutting. Khusus untuk pembaringan, disarankan penggunaan matras dengan dipan agar mendapatkan manfaat istirahat yang baik dalam kamar kos. Pilihan lainnya adalah tempat tidur dengan laci penyimpanan di bagian bawahnya untuk menghemat ruang.


Warna Kamar Kos

Dalam hal pengecatan dinding kamar kos, disarankan untuk menggunakan warna netral seperti putih, kuning gading, light gray, atau krem. Warna-warna ini mampu memberikan kesan terang dan lega bagi ruangan. Kalian juga dapat memberikan aksen pada salah satu sisi dinding agar tidak terkesan monoton. Aksen tersebut dapat berupa perbedaan material atau warna.


Cara Dekorasi kamar

Prasetyo menyarankan untuk menempatkan open shelves berupa buku atau pajangan yang dikombinasi dengan closed cabinet sebagai pilihan tepat yang bisa memberikan sentuhan pada dinding. Manfaatkan juga warna panel cermin atau cermin gantung untuk menimbulkan kesan yang menyenangkan di dalam kamar. Namun, pastikan posisi penempatan cermin tidak mengganggu privasi penghuninya.

Penempatan benda koleksi atau pajangan juga dapat memberikan sentuhan personal dalam kamar. Namun, perlu diperhatikan jumlah dan ukurannya agar tidak memberikan kesan berlebihan. Kalian bisa menempatkan benda koleksi pada ambalan atau menggantungkannya ke salah satu sisi dinding. Penggunaan bunga berukuran kecil atau ditata dengan gaya minimalis juga dapat menjadi elemen penghias ruangan yang menyenangkan.


Karpet Boleh Dicoba

Jika kalian ingin memberikan sentuhan lain pada lantai kamar kos, pilihlah wall to wall carpet atau karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai. Pilihlah karpet seukuran tempat tidur dengan pola geometris, polos, atau bertekstur minimalis.


Pakaian Enggak Boleh Menumpuk

Hal yang tak boleh diabaikan oleh penghuni kos adalah kebiasaan merapikan pakaian yang telah digunakan. Hindarilah kebiasaan menggantung pakaian di dinding atau menumpuk baju kotor, karena selain membuat kamar terlihat berantakan, hal ini juga tidak sehat.

Menghadirkan kenyamanan di dalam kamar kos sempit sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kunci utamanya adalah menjaga kebersihan, kerapian, dan kenyamanan. Ruangan yang teratur akan menciptakan suasana hati yang positif, tanpa memandang seberapa sempit luas kamar yang dimiliki.

Baca juga: Referensi Wallpaper Kece Sulap Kamar Kos Jadi Makin Estetik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Line Up Circle Chart Music Awards 2024, AKMU sampai NCT Dream

BERIKUTNYA

Daftar Harga & Cara Beli Tiket Konser Incubus Asia Tour di Jakarta 23 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: