Ilustrasi (Dok. pch.vector/Freepik)

Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Penyakit Kulit Biduran

18 November 2021   |   14:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah mendengar istilah urtikaria atau yang lebih dikenal dengan biduran? Biduran merupakan kondisi di mana terdapat adanya lesi pada kulit yang meninggi dan gatal. Umumnya, lesi tersebut berwarna merah, merah muda, atau sewarna kulit dan terkadang juga dapat terasa perih.

“Prevalensi urtikaria autoimun dilaporkan sekitar 0,05 sampai 3 persen dan ditemukan 2 kali lebih banyak pada perempuan dengan rentang usia 40 sampai 49 tahun,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia Amelia Soebyanto dalam suatu diskusi virtual, belum lama ini.

Dokter Amel mengatakan biduran biasanya ditandai dengan munculnya bentol atau ruam yang umumnya berbentuk oval, disertai rasa gatal dan berwarna kemerahan. Berdasarkan durasi terjadinya, biduran dibagi menjadi dua, yaitu biduran akut dan biduran kronis.
 

Ilustrasi biduran/RS Meilia

Ilustrasi biduran/RS Meilia


Biduran akut adalah biduran yang muncul secara tiba-tiba, namun akan sembuh dan reda dalam hitungan hari dan terjadi selama kurang dari 6 minggu, sedangkan biduran kronis adalah biduran yang bertahan lebih lama (lebih dari 6 minggu).

“Penyebab biduran pada umumnya adalah reaksi alergi terhadap suatu benda atau zat yang mengakibatkan sistem imun mengeluarkan zat histamin. Zat histamin inilah yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala biduran,” jelas Dokter Amel.

Selain reaksi alergi, biduran juga dapat timbul akibat stres, reaksi terhadap suhu panas, olahraga, infeksi, atau penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid atau kanker. Suhu dingin atau panas juga terkadang bisa menjadi faktor pencetus munculnya biduran.

“Urtikaria lebih sering ditemukan pada wanita usia 35-60 tahun (usia rata-rata 40 tahun). Penyakit ini mempunyai dampak cukup signifikan terhadap kualitas hidup penderitanya, meskipun sering dianggap ringan,” imbuh Dokter Amel.
1
2


SEBELUMNYA

7 Tips Mengatasi Parental Burnout

BERIKUTNYA

Wi Ha-joon Akan Kembali dengan Proyek Drama Korea Project K

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: