kulit yang terkena biduran (Sumber Gambar : Unsplash/gokhalnigaz)

Kulit Sering Biduran Saat Musim Pancaroba? Atasi dengan 4 Cara Ini

10 January 2024   |   16:01 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Pada musim pancaroba yang telah berlangsung sejak akhir 2023, cuaca panas-dingin menyerang dengan sangat sering. Menghadapi perubahan cuaca yang seperti itu, Genhype harus tahu potensi terkena alergi Urtikaria atau yang biasa disebut dengan biduran.

Alergi ini merupakan bentuk pelepasan senyawa kimia Histamin yang menyebabkan muncul ruam, dan bentol kemerahan. Selain reaksi alergi, biduran juga dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti stres, obat, gigitan atau sengatan serangga, suhu dingin, paparan sinar matahari, penularan, dan kondisi lainnya.

Baca juga: Waspada Cuaca Tak Menentu, Ini 4 Penyakit Langganan Saat Musim Pancaroba

Biduran yang secara muncul terus-menerus bisa mengganggu tidur, menyebabkan rasa tidak nyaman, dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Untuk itulah dibutuhkan cara mengatasi biduran agar rasa gatal dan ketidaknyamanan yang muncul dapat segera teratasi.


Beragam Cara Mengatasi Biduran

Biduran memang akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan jam atau hari. Namun, agar biduran bisa segera diatasi saat baru timbul dan tidak berlarut-larut, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi biduran yang simpel dan bisa dilakukan dirumah dikutip dari situs resmi medicalnewstoday:


1. Mengenakan pakaian katun longgar untuk mengurangi iritasi

Mengenakan pakaian longgar dengan kain katun akan mengurangi potensi iritasi dari sentuhan tekanan pakaian terhadap kulit kita yang sedang mengalami peradangan loh, Genhype.


2. Berendam dengan larutan anti gatal

Menambahkan oatmeal koloid atau soda kue ke dalam bak mandi juga efektif meredakan gatal akibat biduran. Hal ini karena oatmeal koloid atau soda kue mengandung sifat anti radang yang dapat meredakan dan menenangkan kulit yang gatal. Kamu cukup mencampurkan 1 cangkir oatmeal koloid atau soda kue ke dalam bak mandi, kemudian berendamlah di dalam larutan tersebut selama 15–30 menit.


3. Mengoleskan krim anti gatal

Jika beberapa cara di atas tidak efektif meredakan gatal akibat biduran, Genhype bisa mengoleskan krim anti gatal yang mengandung mentol maupun calamine. Kedua kandungan tersebut memberikan sensasi dingin yang dapat meredakan rasa gatal dan ketidaknyamanan pada area kulit yang mengalami biduran.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan krim yang mengandung lidah buaya. Sebab tanaman ini memiliki sifat anti radang yang efektif untuk meredakan rasa gatal akibat biduran.


4. Mengkonsumsi obat antihistamin

Selain menggunakan krim anti gatal, kamu juga bisa mengkonsumsi obat dari golongan antihistamin. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi histamin yang dikeluarkan oleh tubuh ketika mengalami alergi. oleh sebab itu, gejala akibat reaksi alergi seperti biduran yang merupakan ruam-ruam bisa mereda.

Beberapa obat yang termasuk ke dalam golongan antihistamin adalah loratadine, cetirizine, diphenhydramine, dan fexofenadine. Namun, cara mengatasi biduran yang satu ini hanya bisa kamu lakukan melalui resep dokter.

Meskipun biduran tidak berbahaya, Genhype tetap perlu mewaspadainya. Jika seseorang tahu bahwa sesuatu yang spesifik memicu gatal-gatal mereka, mereka mungkin dapat menghindarinya. Namun, penyebab gatal-gatal tidak selalu teridentifikasi. Jika gatal-gatal mempengaruhi kualitas hidup, segera konsultasikan dengan dokter.

Apabila biduran yang terjadi disertai dengan pembengkakan di mulut atau tenggorokan, mual, pingsan, detak jantung yang cepat, atau dingin, dan kulit berkeringat, orang tersebut mungkin memiliki kondisi berbahaya yang mengancam jiwa.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Prospek Usaha Kebugaran Kian Menggiurkan, Ini Tantangannya Menurut Pebisnis

BERIKUTNYA

Serial Stranger Things Mulai Produksi Season 5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: