Ilustrasi (dok. Unsplash)

Bun, Ini 7 Jenis Penyakit Kulit yang Biasa Terjadi Pada Si Kecil

05 August 2021   |   15:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda, ada beragam jenis penyakit kulit yang bisa menyerang si kecil lho. Penyebabnya berbeda-beda, ada yang disebabkan infeksi bakteri, jamur, virus, makanan, cuaca, hingga paparan bahan kimia. Reaksi yang ditimbulkan juga berbeda-beda mulai dari gatal, ruam, dan beberapa diantaranya menyebabkan demam.

Mau tau apa saja penyakit kulit yang sering terjadi pada anak-anak? Simak di bawah ini ya, Bun :

1. Kurap
Penyebab kurap adalah jamur yang menginfeksi kulit dan menyebabkan bercak merah bersisik serta bergelombang pada area yang terinfeksi. Kurap mudah menular dan dapat menyebar melalui barang-barang atau kontak langsung dengan area yang terinfeksi. Untuk mengatasinya cukup menggunakan krim antijamur ke area kurap hingga infeksi sembuh.

2. Penyakit kelima
Parvovirus B19 adalah virus penyebab penyakit kelima. Gejalanya dimulai dengan flu kemudian timbul ruam merah cerah di pipi seperti ditampar, dan dapat menyebar ke dada, punggung, dan paharuam pada tubuh. Karena penyebabnya virus, antibiotik tidak berperan dalam pengobatan penyakit ini. 

Tidak ada pengobatan khusus, cukup mengatasi gejala yang dialami si anak. Oleh karena itu, berobat ke dokter perlu untuk mendapat penanganan tepat.

3. Cacar air
Infeksi varicella, virus yang menyebabkan cacar air umumnya dimulai dengan demam, kemudian gejala pilek, dan timbul ruam. Ruam ini akan terasa gatal dan umumnya muncul bintil yang sewaktu-waktu bisa pecah jika tersentuh dan menyebabkan koreng lalu berbekas. 

Cacar air berlangsung lebih dari seminggu atau hingga lepuh bintil mengeras. Kendati demikian, penyakit ini dapat aktif kembali di kemudian hari sebagai herpes zoster.

4. Impetigo
Impetigo adalah infeksi kulit menular yang banyak dialami bayi dan anak-anak. Penyebabnya adalah bakteri. Infeksi ini ditandai dengan kemunculan bercak merah dan lepuhan pada kulit, terutama di bagian wajah, khususnya sekitar mulut dan hidung. Namun bisa juga terjadi di area tangan dan kaki.

5. Kutil
Kutil disebabkan infeksi human papillomavirus (HPV). Ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada permukaan kulit. Paling umum, kutil muncul di tangan, tetapi bisa ditemukan di mana saja. Sebagian besar kutil sembuh dengan sendirinya, namun Bunda bisa mengoleskan krim yang mengandung salicylic acid atau lactic acid yang dijual bebas.
 
Biang keringat pada anak/halodoc
6. Biang keringat
Mayoritas bayi atau anak kecil mungkin pernah mengalami biang keringat. Ini disebabkan kelenjar keringat yang tersumbat karena pori-pori kulit bayi yang masih kecil. 

Biang keringat ditandai dengan bintik merah di kulit, terutama di kepala dan leher. Biasanya ini menimbulkan sensasi gatal dan panas. Oleh karena itu, pening bagi bunda untuk mencegah risiko biang keringat dengan memakaikan anak dengan pakaian longgar dan sebisa mungkin tempatkan mereka di ruangan sejuk.

7. Dermatitis atopik
Dikenal sebagai eksim dan sering terjadi pada anak-anak dengan alergi juga asma. Penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya ruam merah gatal, biasanya terjadi di pipi, area siku, atau di sekitar lutut. 

Jika si kecil mengalami eksim, bunda bisa memakaikan losion, salep, atau krim yang dapat memperbaiki gejalanya, tetapi terkadang steroid topikal juga diperlukan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Twitter Fleets Dihilangkan Mendadak Kendati Sempat Jaring Iklan

BERIKUTNYA

Ini Bahaya yang Harus Diwaspadai Bila Sering Menggunakan Lensa Kontak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: