Ilustrasi Culture Shock (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

8 Tips Mengatasi Culture Shock

16 November 2021   |   17:39 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

5. Temukan pengalih perhatian yang sehat.

Ketika kalian mungkin telah mengembangkan perasaan negatif terhadap budaya setempat, temukan pengalih perhatian yang sehat. Luangkan waktu untuk diri sendiri, menonton episode acara TV favorit kalian, memasak makanan dari rumah, atau bertemu dengan teman.
 

6. Bicarakan tentang apa yang dirasakan ke orang lain.

Jika kalian berada di tempat baru dengan orang yang dikenal, tidak ada salah menjalin koneksi dengan sesama ekspat di sekitar kalian. Bicara dengan mereka tentang bagaimana perasaan mereka tentang budaya baru ini dan belajarlah dari pengalaman mereka.
 

7. Hindari ekspektasi yang berlebihan.

Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan pendatang adalah berpikir bahwa kota atau negara baru yang dituju memiliki sistem yang sama seperti kampung halaman. Cara berpikir seperti ini sering kali justru membuat kita merasa kecewa setelah menemukan realitanya. Coba adaptasikan diri dengan ekspektasi serendah mungkin.
 

8. Ikut terlibat dengan komunitas lokal.

Selain tentu saja mempelajari bahasa dan budaya lokal, satu hal lain yang bisa kalian untuk mempermudah proses adaptasi adalah dengan bersosialisasi di komunitas lokal. Hal ini bisa dilakukan dengan bergabung ke komunitas anak muda, olahraga atau agama.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Susul Elkie, Giliran Sorn Undur Diri dari CLC & Cube Entertainment

BERIKUTNYA

Apple Siap Rilis Game Eksklusif Disney Melee Mania

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: