Ilustrasi Culture Shock (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

8 Tips Mengatasi Culture Shock

16 November 2021   |   17:39 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Begitu tiba di kota atau negara baru, otak kita akan sibuk menerima hal-hal baru di sekitar. Kita mungkin akan tersenyum melihat perbedaan dari apa yang sering disaksikan seharihari di tempat tinggal kita. Tidak jarang pula orang terpikat oleh keramahan orang asing saat memasuki lingkungan baru. 

Namun, tidak sedikit pula orang yang tidak merasa nyaman dengan perubahan ini. Apa yang menjadi sebuah kebiasaan di kota maupun negara asal mungkin sebuah hal yang tidak dilakukan oleh orang-orang di tempat baru di mana kita berada.

Hal ini disebut dengan culture shock atau gegar budaya.

Kebanyakan orang yang telah melakukan perjalanan yang lebih dari sekadar liburan singkat pasti telah mendengar istilah tersebut.

Ketika pergi ke luar negeri, rutinitas harian. budaya, makanan, dan sikap orang-orang di sekitar kita menjadi sesuatu yang asing. Proses mengenali, memahami, dan beradaptasi dengan perubahan ini disebut gegar budaya.

Dilansir melalui Go Overseas, berikut ini delapan tips untuk mengatasi gegar budaya dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin ketika berada jauh dari rumah.
 

1. Pelajari sebanyak mungkin tentang destinasi yang dituju.

Dapatkan informasi melalui forum perjalanan, buku panduan, laporan berita, atau novel. Bicaralah dengan orang-orang yang pernah ke sana atau penduduk asli. Kenali sebanyak mungkin hal yang dianggap sopan atau kasar dan persiapkan diri untuk beberapa perbedaan.
 

2. Minta saran dari penyelenggara perjalanan.

Apakah kalian pelajar, sukarelawan, atau pekerja di luar negeri, kemungkinan besar kalian akan memiliki kontak. Jangan ragu untuk bertanya kepada penyelenggara apa yang orang lain mengalami kesulitan beradaptasi dan apa yang telah mereka lakukan untuk mengatasinya. Setiap negara memiliki budayanya sendiri, jadi kita akan menghadapi situasi yang berbeda di setiap tempat. Tanyakan kepada mereka yang paling tahu.
 

3. Tetapkan target pembelajaran untuk perjalananmu.

Pastikan kalian memiliki target untuk perjalanan ke luar negeri, dan pastikan itu termasuk belajar tentang budaya destinasi yang dituju. Apakah kalian menyukai makanan? Buatlah target untuk mempelajari cara memasak hidangan lokal.
 

4. Tuliskan apa yang kalian sukai ketika tiba dan lihat kembali nanti.

Pada fase awal gegar budaya, tuliskan semua hal yang disukai tentang tempat baru ini. Kemudian, ketika kalian merasa frustrasi atau kesal, gunakan daftar ini untuk mengingatkan diri tentang semua hal baik alih-alih hal-hal yang mengganggumu.
 
1
2


SEBELUMNYA

Susul Elkie, Giliran Sorn Undur Diri dari CLC & Cube Entertainment

BERIKUTNYA

Apple Siap Rilis Game Eksklusif Disney Melee Mania

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: