Ilustrasi (Dok. Keira Burton/Pexels)

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

14 November 2021   |   09:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pendidikan merupakan salah satu aspek paling penting dalam kemajuan suatu Bangsa. Sistem pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki komptensi tinggi dan berdaya saing  sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tidak heran jika negara-negara maju di dunia saat ini memiliki sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan oleh sistem pendidikan terbaik. Namun, negara mana saja yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia? Menyadur dari Ican Education Consultant, Minggu (14/11), berikut 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.
 

1. Amerika Serikat

Selama 2 tahun berturut-turut, Amerika Sserikat (AS) selalu menjadi negara yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan negeri Paman Sam ini sebagian besar dibiayai pemerintah federal dan merupakan biaya hasil pajak properti negara bagian. 

Baca juga5 Tips untuk Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Para pelajar harus mengikuti sistem pendidikan sampai kelas 13 dari taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Menurut National Center For Education Statistics, 70 persen pelajar Menengah Atas di AS lulus dan melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi. Selain itu, AS juga merupakan rumah bagi 8 dari 10 universitas terbaik di dunia menurut U.S. News.
 

2. Finlandia

Sistem pendidikan di negara yang terletak di ujung Benua Eropa ini cukup unik, mulai dari biaya pendidikan gratis, tidak ada seragam dan UN, hingga suasana belajar yang tergolong santai dan informal.

Meski begitu, Finlandia justru menjadi negara terbaik di dunia dalam hal sistem pendidikannya. Salah satu kuncinya adalah mereka hanya memilih orang-orang terbaik untuk menjadi guru dan menerapkan kecintaan membaa kepada warganya sejak dini.
 

Ilustrasi (Dok. Emily Karakis/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Emily Karakis/Unsplash)


3. China

Beberapa daerah di China memiliki kualitas pendidikan yang tinggi seperti di Shanghai dan Hong Kong. Kedua kota tersebut diketahui memiliki peringkat tinggi dalam Programme for International Student Assessment (PISA) yang dilakukan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Program tersebut melakukan studi mengenai prestasi anak-anak berusia 15 tahun..
 

4. Kanada

Ada beberapa alasan mengapa negara di Amerika Utara ini memiliki standar dan kualitas pendidikan yang tinggi. Salah satunya, Kanada mengeluarkan anggaran yang besar setiap tahunnya untuk dana pendidikan. serta mewajibkan setiap daerah untuk bertanggung jawab atas sistem pendidikannya sendiri.

Meskipun tidak gratis, biaya hidup dan pendidikan di Kanada cenderung lebih rendah daripada negara Eropa dan Amerika Utara lainnya, sehingga negara ini sering menjadi pilihan mahasiswa melanjutkan studi kesarjanaannya.

Stabilitas di bidang politik hingga menempati peringkat yang tinggi dalam Global Peace Index dan Human Development Index PBB juga menjadi faktor penting baik dan tumbuh pesatnya pendidikan di negara itu.

Baca juga3 Negara Destinasi Kuliah Favorit Pelajar Indonesia
 

5. Korea Selatan

Tak hanya industri hiburannya yang mendunia, pendidikan di Negeri Ginseng ini juga tercatat mengalami petumbuhan pesat. Teknologi menjadi poin utama dalam perkembangan pendidikan negara ini.

Salah satu implementasinya yaitu Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk para siswa di sekolah dasar, menengah, dan atas.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Jinan Laetitia Gandeng Pamungkas Rilis Single Timeless

BERIKUTNYA

Paris Hilton Wujudkan Impian Pernikahan Seperti Dalam Dongeng

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: