Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash)

5 Tips untuk Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

09 February 2022   |   14:14 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Menempuh pendidikan ke luar negeri telah menjadi impian banyak generasi muda yang ingin membangun masa depan lebih baik. Selain jalur mandiri, umumnya seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga mengincar jalur beasiswa.

Bagi Genhype yang saat ini ingin melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri dengan jalur beasiswa, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan secara matang.

Radyum Ikono, CEO Schoters, yang juga menjadi lulusan University of Tokyo dengan jalur beasiswa, menyampaikan beberapa tips agar kalian mampu menaklukan beasiswa luar negeri.
 

1. Matangkan rencana kuliah ke luar negeri dari jauh hari

Melanjutkan pendidikan jalur beasiswa luar negeri bukanlah sesuatu yang taken for granted, melainkan perlu usaha dan persiapan yang matang. Satu tahun adalah rentang waktu ideal untuk memulai persiapan, termasuk mempertajam minat hingga membuat short list untuk negara, beasiswa universitas dan jurusan yang akan dituju, dengan berdiskusi dan menggali berbagai sumber terpercaya.

"Sebagai layanan akses beasiswa luar negeri terdepan, Schoters juga menghadirkan tutor yang merupakan alumni beasiswa bergengsi dunia untuk memberikan layanan konsultasi sehingha pencari beasiswa bisa mendiskusikan rencana pendidikan mereka dengan pihak yang kredibel," tuturnya.
 

2. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Setelah yakin dengan beasiswa yang bisa mendukung impian, gali informasi mengenai beasiswa tersebut sebanyak-banyaknya. Mulai dari yang sifatnya non-formal seperti pengalaman dan tips alumni di berbagai forum digital, hingga informasi formal seperti berkas yang dibutuhkan hingga skedul penerimaan beasiswa.

Kunjungi beberapa situs resmi yang menyediakan skedul secara lengkap, seperti Kalender Beasiswa Schoters yang berisi skedul penerimaan beasiswa yang telah dirangkum selama satu tahun, berikut dengan jurusan yang tersedia, manfaat yang didapat, hingga syarat yang dibutuhkan.
 

3. Buatlah dokumen pendaftaran yang meyakinkan

Salah satu tahapan penting dalam seleksi penerimaan beasiswa adalah dokumen pendukung yang akan menjadi lembar promosi diri. Beberapa diantaranya adalah esai, CV, dan surat rekomendasi untuk menggambarkan kepribadian, minat, dan rencana pendidikan.

Oleh karena itu, dedikasikan waktu yang cukup untuk membuat tulisan yang dapat mewakili versi terbaik pelamar untuk meyakinkan penyeleksi. "Kalian bisa memanfaatkan layanan bimbingan pembuatan dokumen yang menyeluruh, seperti layanan Schoters yang melengkapi layanan pembuatan dokumennya  dengan fasilitas penerjemah tersumpah," jelasnya.
 

4. Tingkatkan intensitas latihan latihan untuk taklukan sesi interview

Hampir semua beasiswa menerapkan tahapan wawancara sebagai syarat yang wajib dilalui pelamar. Untuk itu, lakukan persiapan interview sebaik mungkin, baik persiapan materi seperti potential Question and Answer hingga persiapan mental dengan berlatih sesering mungkin.
 

5. Membuat target nilai tes bahasa asing hingga capai skor aman

Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu penilaian penting dalam seleksi penerimaan beasiswa luar negeri. Biasanya, universitas maupun jurusan tertentu, memanfaatkan tes ini untuk mengukur kecakapan bahasa asing calon pelamar.

Misalnya TOEFL atau IELTS untuk universitas yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris, GMAT untuk sekolah bisnis atau manajemen, dan GRE serta SAT untuk universitas di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Sebagai strategi, sering latihan dan capai skor aman yang melampaui standar.

Bagaimana Genhype, sudah siap untuk mewujudkan impian kalian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri?


Editor: Gita
SEBELUMNYA

5 Game Terlaris Nintendo Switch, Genhype Main yang Mana? 

BERIKUTNYA

Sony Kembangkan Fitur Perintah Suara Untuk PS5: Hey PlayStation! 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: