Pemain Indonesia saat berhadapan dengan pemain Qatar (Sumber gambar: PSSI)

Jadwal Pertandingan Piala Asia U-23 16 April 2024, Jepang Berhadapan dengan China

16 April 2024   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hari pertama ajang Piala Asia U-23  yang berlangsung pada 15 April 2024 di Qatar baru saja usai. Tim nasional (Timnas) Qatar U-23 berhasil meraih poin penuh sehingga membuatnya menempati posisi pertama Grup A untuk sementara, dan Australia U-23 berbagi poin dengan lawannya. 

Pada hari pertama Piala Asia U-23, dua pertandingan terselenggara di negara tersebut, yakni Qatar melawan Indonesia dan Australia berhadapan dengan Yordania masing-masing di Jassim Bin Hamad Stadium dan Abdullah bin Khalifa Stadium.

Baca juga: 5 Timnas dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia U-23 2024

Qatar berhasil meraih 3 poin setelah mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0. Sementara itu, Australia yang berhadapan dengan Yordania berakhir dengan skor 0-0.

Kemenangan Qatar atas Garuda Muda – sebutan untuk Timnas U-23 Indonesia – membuatnya menempati posisi sementara klasemen Group A. Tim ini menggungguli Australia dan Yordania yang masing-masing berada di peringkat 2 dan 3.

Australia dan Yordania memiliki nilai 1. Kemudian, Indonesia yang kalah pada pertandingan pertamanya menempati posisi 4 untuk sementara dengan poin 0.

Qatar berhasil mengalahkan Indonesia melalui pemain Khalid Ali Sabah lewat 12 titik pas pada menit 45+1 dan Ahmed Al-Rawi pada menit 54. Dalam pertandingan ini, Indonesia bermain dengan 9 orang setelah 2 pemainnya mendapatkan kartu merah.

Pertandingan yang berlangsung pada pukul 18.30 waktu setempat atau sekitar 22.30 WIB itu memiliki banyak kontroversi. Dalam laman PSSI, pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak puas dengan kinerja wasit Nasrullo Kabirov dan wasit video assistant referee (VAR) Sivakorn Pu-Udom.

Dia menilai kedua pengadil di atas lapangan hijau itu banyak merugikan Indonesia. Tae-yong juga menyebut pertandingan yang berlangsung bukan pertandingan sepak bola, tetapi pertunjukan komedi dan sangat berlebihan dengan melihat kinerja wasit.

Dia tidak bisa berkata apa-apa tentang kartu merah pertama yang diraih pemain Indonesia lantaran tidak ada kontak sama sekali. “Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini. Kartu merah pertama kami, tidak ada kontak sama sekali. Mengapa mereka tidak memakai VAR dalam situasi seperti ini?” ujarnya.

Shin Tae-yong pun berujar kinerja wasit akan menjadi bahan candaan apabila pertandingan yang berlangsung terjadi di Indonesia. Pengadil akan dinilai ingin membuat lelucon jika melihat kinerjanya dalam pertandigan antara Qatar melawan Indonesia.

Terkait dengan hasil kekalahan ini, sang pelatih memberikan apresiasi kepada “anak asuhnya”. Rizky Ridho dan kawan-kawan sudah berusaha menampilkan permainan yang terbaik, terlebih kalah dalam jumlah pemain.

Mereka menunjukkan daya juang yang tinggi dan tidak mudah menyerah dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan. Dalam pertandingan itu, jual-beli serangan antara kedua tim terjadi sepanjang babak.

Indonesia beberapa kali melancarkan serangan. Tidak hanya itu, peluang juga kerap tercipta. Salah satu di antaranya adalah lewat tendangan Rafael Struick. Bola hasil sepakan sang pemain membentur tiang gawang tim nasional Qatar U-23.

Setelah melawan Qatar, Indonesia akan berhadapan Australia pada Kamis, 18 April 2024. Kedua tim yang melakoni pertandingan pada hari pertama hanya memiliki waktu dua hari untuk beristirahat. Sementara itu, pada hari yang sama, Yordania juga akan berhadapan dengan Qatar.

Sementara itu, pada hari ini, Selasa, 16 April 2024, ajang Piala Asia U-23 yang berlangsung di Qatar akan mempertemukan sejumlah tim nasional U-23 dari Grup B dan C. Berikut daftarnya.


Jepang vs China

Pukul : 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB
Tempat : Jassim bin Hamad Stadium


Irak vs Thailand

Pukul : 18.30 waktu setempat atau 22.30 WIB
Tempat : Al Janoub Stadium


Korea Selatan vs Uni Emirat Arab

Pukul : 18.30 waktu setempat atau 22.30 WIB
Tempat : Abudllah bin Khalifa Stadium


Arab Saudi vs Tajikistan

Pukul : 21.00 waktu setempat atau 01.00 WIB (Rabu dini hari)
Tempat : Khalifa International Stadium

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Daftar Nominasi Baeksang Arts Awards 2024, Exhuma Kantongi 8 Nominasi

BERIKUTNYA

Resep Salad Sayuran Rendah Lemak dan Kalori, Menu Sehat untuk Diet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: