Sarung tangan haptic untuk metaverse (dok. Meta)

Canggih, Meta Demonstrasikan Sarung Tangan untuk Dunia Virtual

18 November 2021   |   12:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan teknologi Meta, sebelumnya bernama Facebook, telah menampilkan dan mendemonstrasikan purwarupa sarung tangan haptic yang memungkinkan pemakainnya merasakan dan berinteraksi dengan objek virtual di ruang digital.

Reality Labs yang merupakan tim peneliti dari Meta saat ini tengah mengerjakan produk tersebut sebagai bagian dari upaya raksasa teknologi mengembangkan dunia metaverse yang berfokus pada teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR)

Meta menyebut sarung tangan haptic akan menjadi langkah awal untuk memasuki ekosistem metaverse. Kendati begitu, disebutkan bahwa upaya ini masih berada pada tahapan yang sangat awal.

Perusahaan tak menyangkal bahwa mengembangkan produk sarung tangan tersebut merupakan tantangan tersendiri, yang membutuhkan penemuan domain penelitian ilmiah yang sama sekali baru.

"Sementara kami masih dalam tahap awal penelitian ini, tujuannya adalah untuk suatu hari memasangkan sarung tangan dengan headset VR untuk pengalaman mendalam seperti memainkan kartu di metaverse," tulis Meta dalam blog resminya.


Dalam satu video yang menyertai postingan blognya (cek disini), terlihat bahwa sarung tangan haptic memungkinkan pemakainya berinteraksi dengan objek virtual dan pengguna lain di dunia maya. Mereka juga bisa berinteraksi dan bermain dengan objek tersebut. 

Purwarupa sarung tahun itu dilapisi dengan motor plastik yang disebut aktuator. Motor itu ditempatkan di atas sarung tangan untuk memberikan sensasi nyata ke tangan pemakainya termasuk hingga ujung jari.

Hal tersebut juga dilakukan dengan bantuan mikofluida yang mengontrol aliran udara, yang menggerakkan akuator. Meta mengklaim saat ini tengah membangun prosesor mikofluida berkecepatan tinggi pertama di dunia.

Selain itu, perusahaan juga tengah mengerjakan teknologi pelacakan tangan canggih untuk memungkinkan sarung tangan haptic mengidentifikasi secara tepat di mana tangan pengguna berada dalam adegan virtual.




Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ini Daftar Lengkap Nominasi The Game Awards 2021

BERIKUTNYA

Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Kakao & Kokoa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: