(dok. Unity/Weta Digital/20th Century Fox)

Unity Akuisisi Weta Digital, Pembuat VFX Lord of The Rings

10 November 2021   |   16:19 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan video gim pengembang perangkat lunak Unity telah mengumumkan komitmennya untuk mengakuisisi perusahaan visual efek terkemuka Weta Digital besutan sutradara Peter Jackson, dengan nilai transaksi hingga US$1,6 miliar.

Bagi kalian yang tidak familiar, Weta Digital merupakan nama besar dalam dunia visual efek (VFX) industri hiburan global. Judul film populer seperti Lord of The Rings, Avatar, hingga Shang-Chi melibatkan perusahaan tersebut dalam pengembangannya. 

Weta Digital terdiri atas sejumlah tim seniman yang menciptakan visual efek dan tim insinyur yang mengembangkan peralatan pendukungnya. Tim tersebut telah menghasilkan karya-karya besar terkait kebutuhan grafik komputer.

Dalam siaran pers Unity, disebutkan bahwa kesepakatan dilakukan dengan membawa sekitar dua ratus tujuh puluh lima insinyur dan puluhan alat Weta Digital ke Unity, di mana mereka akan terjun ke industri gim dan komputer grafik lainnya.

(Baca juga: Netflix Akuisisi Night School Studio & Perluas Konten Game ke Spanyol-Italia)

Selain itu, langkah ini juga diambil Unity untuk bersaing langsung dengan Unreal Engine yang dikembangkan Epic Games. Teknologi itu telah digunakan untuk mengembangkan The Mandalorian dan gim League of Legends.

Unity membeli Weta Digital dengan nilai US$1,6 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Kesepakatan itu diperkirakan selesai pada kuartal keempat tahun fiskal perusahaan atau pada periode akhir tahun ini.

Sebagai catatan, tim VFX di Weta Digital tidak termasuk dalam kesepakatan kedua perusahaan. Sebagai gantinya, mereka akan menjadi bagian dari entitas mandiri bernama WetaFX, yang mayoritasnya masih dimiliki oleh Jackson.

Kedua perusahaan diharapkan akan tetap bekerja sama dalam banyak proyek. Unity menyatakan bahwa Weta FX akan menjadi salah satu pelanggan terbesar mereka di industri media dan hiburan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Berbeda Rasa hingga Bentuk, Ini 4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui

BERIKUTNYA

Apa itu Airbag pada Mobil? Ini Fungsi & Cara Kerjanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: