Epic Games resmi merilis Unreal Engine 5 secara luas (Sumber gambar: Epic Games)

Epic Games Resmi Hadirkan Teknologi Unreal Engine 5 

06 April 2022   |   10:11 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan pengembang dan penerbit video gim Epic Games akhirnya resmi merilis mesin gim generasi berikutnya, Unreal Engine 5 yang kini telah tersedia untuk diunduh developer. Ini merupakan penerus dari mesin generasi sebelumnya Unreal Engine 4 yang telah menghasilkan banyak judul-judul epik. 

Perusahaan meluncurkan mesin tersebut dalam acara State of Unreal baru-baru ini. Perilisan ini menjadi penantian yang cukup panjang, 2 tahun sejak mereka pertama kali mengumumkan pengembangan mesin next-gen tersebut. 
 

Unreal Engine 5 hadir dengan sejumlah peningkatan untuk para pengembang video gim. Dilansir dari The Verge, salah satu perubahan paling signifikan datang dari teknologi yang dirancang untuk menghadirkan visual yang lebih realistik. 

Ini termasuk teknologi yang disebut Epic sebagai Lumen, sebuah solusi iluminasi yang dinamis untuk pencahayaan lebih nyata. Ada juga teknologi Nanite yang akan memberikan pengembang kemampuan untuk membuat gim dan pengalaman dengan detail geometris masif. 

Ada juga tools dengan kemampuan untuk membagi dunia terbuka yang dikembangkan, sehingga akan memudahkan tim bekerja pada area tertentu secara mandiri. Begitu juga perubahan antarmuka (user interface/UI) yang dibuat lebih terintegrasi. 

Epic Games menyatakan bahwa Unreal Engine 5 akan menyediakan alat dan aset yang dibutuhkan untuk menciptakan dunia yang benar-benar luas untuk dijelajahi para pemain. Perusahaan mengklaim mesin ini sebagai alat pembuatan 3D Real-Time paling terbuka dan canggih di dunia. 

Dalam rangka peluncuran mesin gim terbarunya itu, perusahaan juga membuat sampel kota The Matrix Awakens yang tersedia untuk dikembangkan lebih lanjut oleh pengembang. Ada juga desain permainan penembak multipemain yang disebut Lyra juga tersedia untuk publik. 

The Witcher & Tomb Raider 
 
Sebelum perilisan resminya, Epic telah menjajal beberapa proyek besar gim memakai Unreal Engine 5. Ini termasuk pengembangan judul populernya Fortnite yang pindah menggunakan teknologi tersebut sejak akhir tahun lalu. 

Pada Maret lalu, CD Projekt Red juga mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan judul gim baru dari waralaba The Witcher, yang pengembangannya disebutkan memakai teknologi Engine 5, sebagai komitmen kemitraan perusahaan dengan Epic. 

[Baca juga: CD Projekt Red kembangkan gim baru The Witcher
 

Selain itu, pada pengujung presentasi Epic Games State of Unreal, pengembang permainan video Crystal Dynamics juga menyatakan tengah mengerjakan entri teranyar dari seri gim Tomb Raider, yang prosesnya akan memanfaatkan mesin Unreal Engine 5. 

Dalam sebuah video testimoni, Franchise Director Crystal Dynamics Dallas Dickinson mengatakan bahwa mesin baru dari Epic tersebut akan menerjemahkan pengalaman bercerita dan bermain ke tingkat berikutnya. 

Tomb Raider sendiri merupakan judul permainan video gim yang pertama kali dirilis di PlayStation pada 1996. Sejak saat itu, gim ini terus dikembangkan dengan melahirkan sequel, reboot, hingga adaptasi ke bentuk media lain seperti film. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Borong Saham Twitter, Elon Musk Bakal Jadi Dewan Direksi Perusahaan

BERIKUTNYA

Waduh, 3 dari 4 Orang Hadapi Ancaman Siber Aplikasi Pembayaran Digital 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: