Ilustrasi ban yang sedang dalam proses balancing (dok: Suzuki Indonesia)

Catat, Ini Tandanya Mobil Perlu Spooring & Balancing

09 November 2021   |   16:28 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Spooring balancing adalah mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat digunakan. Para pemilik mobil harus rajin melakukan hal ini secara rutin. Jangan sampai telat melakukannya, karena hanya akan membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Lalu, kapan seseorang harus melakukan spooring terhadap mobil? Ini harus dilakukan saat beberapa tandanya sudah muncul. Untuk lebih lengkapnya, Kalian bisa menyimak penjelasan dari Suzuki Indonesia di bawah ini.
 

1. Setir mobil bergerak sendiri

Untuk melihat hal ini, kalian bisa mengendarai mobil dengan kecepatan rendah. Ketika mobil Anda berada di 40 sampai 50 KPJ, lalu bagian setirnya bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri, maka itu salah satu tanda perlu dilakukannya spooring.

Jangan sampai kalian telat melakukan spooring karena ini akan membuat mobil menjadi lebih tidak stabil. Mobil yang sulit dikendalikan tentu menghambat pekerjaan kalian.
 

2. Getaran ketika ban melaju

Ciri kedua yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan spooring mobil adalah, ketika melaju muncul getaran dari keempat roda. Biasanya, getaran tersebut muncul sampai terasa ke dalam kabin. Getaran akan terasa jika Anda menaikkan kecepatan mobil, misalnya menjadi 100 km/jam.

Ketika keempat ban melaju, akan ada ketidakseimbangan antara bagian kanan dengan kiri. Selain spooring, juga diperlukan balancing untuk menyeimbangkan bagian kanan dan kiri agar mobil bisa bergerak dengan stabil. Balancing juga berfungsi untuk mengetahui mana yang kurang seimbang.

Ketika kalian membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan balancing, biasanya akan diberikan timah atau besi yang ditempel di ban. Fungsi dari timah atau besi ini untuk mengembalikan keseimbangan ban di kiri dan kanan. Biasanya setelah timah tertempel, getaran bisa sedikit menghilang.
 

3. Kaki-kaki mobil bermasalah

Bagian kaki mobil adalah komponen terluar dari kendaraan yang sangat penting dan langsung bersentuhan dengan tanah. Kaki-kaki mobil adalah yang paling menentukan apakah kendaraan Anda bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Oleh sebab itu, kalian harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan. Lakukanlah pengecekan selama tiga bulan sekali untuk melihat kondisi kaki mobil.

Kaki mobil yang berada dalam kondisi bagus akan menghasilkan kenyamanan saat berkendara. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi kaki mobil buruk maka perjalanan Anda otomatis akan mengalami gangguan.

Jika kaki mobil berada di dalam kondisi yang buruk, maka kalian bisa langsung membawanya ke bengkel untuk segera spooring atau balancing. Jangan sampai kalian membiarkan kaki mobil dalam keadaan buruk karena akan menimbulkan masalah yang lebih parah.

Masalah yang disebabkan oleh kaki mobil salah satunya adalah setir yang tidak bisa seimbang. Jadi, ketika Anda berjalan lurus, setir dan kaki mobil tidak akan seimbang dan terkadang menimbulkan bunyi yang menandakan bahwa kondisinya perlu diperbaiki.
 

4. Setir tidak mau kembali ke posisi semula

Ciri-ciri selanjutnya yang menandakan bahwa kalian harus melakukan spooring dan balancing adalah setir mobil tidak bisa kembali ke tempat semula. Jika setir tidak bisa kembali ke posisi awal maka segera lakukan spooring di bengkel resmi.


(Baca juga: Yakin Kondisi Sabuk Pengaman Mobil Sudah Baik? Begini Cara Mengeceknya)
1
2


SEBELUMNYA

Lemak Jenis Ini Turunkan Risiko Stroke

BERIKUTNYA

Akhirnya, Vaksin Merah Putih Siap Diproduksi dan Diuji Klinis Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: