Ilustrasi sabuk pengaman yang ada di dalam mobil (dok: Unsplash/Alexandria Gilliot)

Yakin Kondisi Sabuk Pengaman Mobil Sudah Baik? Begini Cara Mengeceknya

05 November 2021   |   11:56 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Keselamatan merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar, termasuk keselamatan berkendara menggunakan mobil. Salah satu fitur atau komponen yang berkaitan dengan keselamatan saat berkendara adalah seat belt atau sabuk pengaman, di kursi pengemudi maupun penumpang.

Sabuk pengaman di mobil juga perlu mendapatkan perawatan. Karena tidak bisa dimungkiri, sabuk pengaman yang terus-menerus digunakan dan sudah berumur berpotensi mengalami kerusakan, salah satunya adalah macet saat ditarik.

Mengingat pentingnya fitur pengamanan yang satu ini, maka kondisi dan perawatan terhadap sabuk pengaman wajib kita perhatikan.  Untuk mengetahui bagaimana kondisi sabuk pengaman, Toyota Auto200 memberikan tips yang kalian lakukan sendiri.

Pertama, cek apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik, baik itu kepala sabuk yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau kain sabuk yang sudah terpotong atau terlilit. Hal ini harus kalian perhatikan dan cek secara detail untuk memastikan tidak ada masalah pada seat belt.

Lakukan tes sederhana dengan cara menarik sabuk pengaman dengan cepat. Jika sabuk tersebut tertahan itu artinya sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi yang baik, namun jika tak tertahan atau lepas itu artinya sabuk pengaman tersebut sudah rusak dan harus segera diperbaiki.

(Baca juga: 7 Cara Mengusir Tikus di Mobil Dijamin Ampuh)

Sebagai informasi tambahan, kalau saat Anda mengecek sabuk pengaman tersebut terasa tertahan dan tidak mau kembali ke posisi semula/normal, kemungkinan artinya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Ini sering terjadi terutama pada mobil dengan fitur seat belt pretensioner, di mana fungsi penahan sabuk pengaman tersebut dipakai untuk menahan tubuh ketika terjadi benturan. Agar keamanan lebih maksimal, ada baiknya jika Anda segera mengganti sabuk pengaman tersebut.

Kedua, pemeriksaan sabuk pengaman juga bisa dilakukan dengan memakai scanner OBD. Sensor pada mobil kalian akan memberitahukan bahwa sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah  rusak.

Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa sensor scanner OBD masih berfungsi dengan baik agar informasi kondisi sabuk pengaman tepat.

Demikian mudahnya mengecek kondisi sabuk pengaman, jadi jangan lagi diabaikan ya. Jika kalian mengalami kesulitan untuk mengeceknya, bawalah kendaraan kalian ke bengkel terdekat, tentunya akan lebih baik jika bengkel yang kalian datangi adalah bengkel resmi.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Xiaomi Rilis Smartphone Terakhir Tahun Ini, Xiaomi 11T Series

BERIKUTNYA

Punya Motor Matic? Ini Efeknya Jika Telat Ganti Oli Gardan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: