Ilustrasi kaca mobil (dok: Unsplash/Max Tokarev)

Cara Membersihkan Kaca Mobil dari yang Kotor, Berjamur, hingga Penuh Baret

05 October 2021   |   11:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kaca mobil merupakan komponen kendaraan yang harus rutin dibersihkan. Jika kaca bersih, mobil akan terlihat bagus dan aman untuk berkendara. Cara membersihkan kaca mobil bisa dilakukan dengan banyak metode, tergantung pada masalah yang terjadi, semisal apakah kaca sekadar kotor atau berjamur bahkan baret.

Untuk mengetahui cara membersihkan kaca kendaraan dengan benar, simak setiap penjelasan langkah-langkah dari Suzuki Indomobil Sales di bawah ini.
 

1. Cara membersihkan kaca mobil bagian dalam

Kotoran pada bagian-bagian mobil bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari debu, tersiram air kotor di jalan, jamur, minyak, dan sebagainya.

Jika tidak segera dibersihkan, kotoran ini dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru nantinya. Tidak hanya tampilan mobil yang terganggu, komponen tersebut juga bisa bermasalah.

Bagian yang rawan mengalami kotor adalah bagian luar mobil seperti kaca mobil, spion, dan jendela mobil. Hal itu karena bagian-bagian tersebut mudah terkena kotoran dari luar. Tentunya kalian tidak hanya harus membersihkan bagian luarnya saja, tapi interiornya pun harus selalu dibersihkan.

Kaca mobil bagian luar yang kotor bisa dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun dengan lap atau kain. Begitu juga dengan kaca bagian dalam, gunakan lap bersih yang basah untuk membersihkan kotoran pada step awal. Kemudian bersihkan dengan lap kering setelah kaca mobil disiram air bersih.

Untuk air yang digunakan sangatlah dianjurkan berupa air hangat agar kotoran yang menempel mudah hilang. Jika sudah hilang, bilas kembali kaca mobil tersebut dengan air biasa yang bersih. Pada tahap berikutnya, silakan gosokkan lap kering pada bagian dalam atau luar dari kaca mobil yang sudah dicuci.

Hindari menggunakan glass cleaner untuk membersihkan kaca mobil. Material kaca mobil kebanyakan terbuat dari kaca film, sedangkan glass cleaner mengandung zat pelarut yang bisa merusak lapisan kaca film pada kaca mobil dan membuatnya melar. Cukup gunakan lap bersih berupa kain atau kanebo.

(Baca juga: Ketahui 2 Jenis Kaca Mobil & Perbedaanya)


2. Cara membersihkan kaca mobil yang berminyak

Kaca mobil yang berminyak akan sangat mengganggu pengendaranya. Lapisan minyak dapat muncul pada bagian kaca mobil, jendela mobil, dan kaca spion. Rata-rata penyebab kaca mobil berminyak adalah polusi udara di sekitar.

Nah, cara membersihkan kaca mobil dengan kondisi ini cukup mudah. Langkah pertama, cuci kaca mobil yang berminyak hingga bersih menggunakan air bersih.

Gunakan lap basah untuk membantu menghilangkan minyak. Setelah kaca terlihat bersih, keringkan dan gunakan lap kering untuk membersihkan kaca tersebut sampai tidak ada sisa air yang menempel.

Tahap berikutnya adalah semprotkan cairan pembersih kaca mobil secara merata. Kalian juga dapat memanfaatkan sabun cair yang telah dicampur dengan air bersih atau membeli cairan pembersih khusus mobil. Setelah itu, bersihkan dengan bantuan kain atau lap yang basah hingga benar-benar bening.

Setelah kaca mobil dibersihkan dengan cairan pembersih, tunggu dulu sekitar 15 menit agar cairan pembersih tersebut dapat bereaksi secara maksimal.

Jika dirasa sudah cukup, bilas kaca mobil tersebut menggunakan air bersih yang mengalir hingga terlihat bersih dan bebas dari minyak.

Langkah terakhir, setelah kaca kendaraan dibilas dengan air dan terlihat bersih, baru lap kembali dengan menggunakan lap kering yang bersih agar tidak kembali kotor. Sebaiknya Kalian menggunakan lap berbahan microfiber yang khusus untuk digunakan pada mobil agar tetap aman.
 
1
2


SEBELUMNYA

Nokia PureBook S14, Laptop Terbaru dengan Windows 11

BERIKUTNYA

Yuk Intip Keindahan Sirkuit MotoGP Mandalika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: