Ilustrasi ban yang sedang dalam proses balancing (dok: Suzuki Indonesia)

Catat, Ini Tandanya Mobil Perlu Spooring & Balancing

09 November 2021   |   16:28 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

4. Setir tidak mau kembali ke posisi semula

Ciri-ciri selanjutnya yang menandakan bahwa kalian harus melakukan spooring dan balancing adalah setir mobil tidak bisa kembali ke tempat semula. Jika setir tidak bisa kembali ke posisi awal maka segera lakukan spooring di bengkel resmi.
 

5. Ban sudah mulai tampak botak

Jika ban mobil kalian sudah tampak aus atau botak maka harus segera dibawa ke bengkel untuk di-spooring. Ban yang sudah mulai aus tidak akan menghasilkan gerakan yang sesuai.

Di sini Anda akan merasa aneh ketika menyetir mobil. Bagian ban yang mudah mengalami kebotakan biasanya di bagian depan.
 

6. Saat parkir, ban tampak miring

Kendaraan kalian perlu dibawa ke bengkel resmi untuk di spooring mobil jika ban terlihat miring saat parkir. Anda bisa mengeceknya di tempat parkir apakah rodanya miring atau tidak.

Biasanya tidak semua ban akan tampak miring, hanya salah satunya. Ban yang miring sering terjadi di bagian depan.

Kalian bisa melihat semua bagian ban apakah ada yang miring atau tidak. Jika ada maka setelah urusan kalian  selesai langsung dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.
 

7. Ban bagian belakang tidak sejajar dengan roda depan

Untuk mengetahui apakah ban bagian belakang mobil kalian sejajar dengan yang depan adalah melihatnya dari jarak beberapa meter. Jika terlihat tidak selaras dengan bagian depan maka bisa dipastikan mobil memerlukan spooring balancing.

Ban bagian belakang yang bergeser atau tidak berada di tempat yang semestinya juga menandakan mobil perlu di-spooring. Anda harus cermat agar mobil Anda tetap terjaga dan stabil.
 

8. Terasa aneh ketika berbelok

Coba untuk melewati jalanan yang bagus dan mulus atau beraspal, lalu belokan mobil. Jika kalian merasa rodanya miring dan bergerak tidak wajar maka tandanya mobil perlu di spooring dan balancing. Anda juga akan merasa muncul getaran saat berkendara dan tentu saja ini sangat mengganggu.
 

9. Setir terasa berat

Terkadang tanda mobil perlu di spooring balancing adalah ketika berkendara kalian merasakan berat di bagian setir ketika digerakkan. Ada beberapa kasus yang mengatakan bahwa setir menjadi sulit dikendalikan. Jika kalian merasakannya, langsung bawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Lemak Jenis Ini Turunkan Risiko Stroke

BERIKUTNYA

Akhirnya, Vaksin Merah Putih Siap Diproduksi dan Diuji Klinis Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: