Balancing ban dapat membuat penggunaan bahan bakar lebih irit. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Pentingnya Balancing Roda Kendaraan Sebelum Mudik Agar Lebih Irit BBM

26 March 2024   |   10:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu persiapan kendaraan yang perlu menjadi perhatian Genhype ketika akan melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi adalah balancing kendaraan. Perawatan mobil satu ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar.

Ada berbagai alasan yang membuat pemudik memilih menggunakan kendaraan mobil pribadi dibandingkan dengan transportasi umum. Salah satu di antaranya adalah kemudahan dalam beraktivitas ketika sudah mencapai tempat tujuan.

Baca juga: Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

Bukan tanpa alasan, kesulitan transportasi umum di daerah kerap ditemui, sehingga mobilitas dapat terganggu. Tidak hanya itu, penggunaan kendaraan mobil pribadi juga dianggap lebih praktis dalam beraktivitas saat di kampung halaman.

Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan mobil pribadi, Genhype perlu melakukan persiapan. Selain melakukan persiapan diri seperti istirahat dengan cukup, kalian juga harus menyiapkan kendaraan yang akan digunakan agar kondisinya prima untuk perjalanan jauh.

Salah satu persiapan terkait kendaraan yang akan digunakan untuk mudik adalah balancing. Dikutip dari laman Hyundai, balancing adalah proses penyesuaian titik atas dan bawah terhadap ban di bagian kiri dan kanan mobil.

Genhype perlu melakukan penyesuaian lantaran mobil yang digunakan dan telah melalui berbagai medan jalan kerap membuat ban menjadi tidak rata. Kalian akan memperoleh banyak manfaat ketika melakukan balancing.

Salah satu di antaranya adalah penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Meskipun tidak terdengar terkait secara langsung, ketidakseimbangan pada roda dapat mengakibatkan peningkatan penggunaan bahan bakar.

Ketidakseimbangan berat pada roda dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk menjaga stabilitas kendaraan, yang pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Namun, dengan melakukan spooring dan balancing secara rutin, hal ini dapat dihindari. Dengan begitu, penggunaan bahan bakar dapat tetap efisien karena mesin bekerja dengan performa yang lebih baik.

Proses balancing juga dapat memperpanjang umur dan mengurangi keausan ban. Dengan begitu, ban tidak akan mudah atau cepat gundul. Kondisi ban gundul atau memiliki kembang yang sudah menipis dapat membuat mobil sering mengalami body roll atau limbung karena bagian dari mobil yang langsung berhubungan dengan jalan itu tidak bekerja dengan seharusnya.

Kondisi itu berakibat akselerasi mobil mengalami penurunan. Pada akhirnya, mesin mobil akan bekerja ekstra keras sebagai bagian dari dampaknya. Dengan begitu, penggunaan bahan bakar akan lebih tinggi dari seharusnya.

Untuk mengetahui kendaraan mobil membutuhkan balancing atau tidak, ada sejumlah ciri yang dapat menjadi indikasi. Pertama adalah setir yang bergetar saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Kemudi mengalami getaran karena sistem suspensi roda depan dan batang penyambung atau long tie road ke kemudi mengalami kelonggaran.

Kedua, mobil juga perlu melakukan balancing jika merasa mobil seperti berjalan miring saat dikendarai. Kondisi ini menunjukkan bahwa keseimbangan kendaraan kalian sudah dalam keadaan tidak baik lagi.

Tanda ketiga adalah permukaan ban yang sudah tidak rata atau kerap disebut aus. Lalu, tanda lainnya mobil seperti berbelok atau berbelok sendiri saat sedang melaju lurus. Selain itu, kalian mendapati salah satu roda mobil dalam posisi miring ketika diparkir lulus.

Genhype juga harus melakukan balancing terhadap mobil yang akan digunakan ketika setir berbelok, tetapi tidak mau kembali ke posisi awal saat tangan tidak menyentuh kemudi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

DLC: Rising Tide Final Fantasy XVI Rilis 18 April 2024, Perkenalkan Misi Ke Mysidia

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Keluar Main 1994, Tayang Pada 28 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: