Ilustrasi (Dok. Jcomp/Freepik)

Kenali 4 Jenis Gagal Jantung & Cara Mencegahnya

04 November 2021   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Gagal jantung sisi kanan
Gagal jantung sisi kanan terjadi ketika sisi kanan jantung tidak dapat melakukan tugasnya secara efektif. Biasanya dipicu oleh gagal jantung sisi kiri. Akumulasi darah di paru-paru yang disebabkan oleh gagal jantung sisi kiri membuat ventrikel kanan bekerja lebih keras, sehingga dapat menekan sisi kanan jantung dan menyebabkan gagal.

Gagal jantung diastolik
Gagal jantung ini terjadi ketika otot jantung menjadi lebih kaku dari biasanya yang disebabkan oleh penyakit jantung, sehingga jantung tidak mudah terisi darah. Hal ini dikenal sebagai disfungsi diastolik yang menyebabkan kurangnya aliran darah ke seluruh organ dalam tubuh. Gagal jantung diastolik dilaporkan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Gagal jantung sistolik
Gagal jantung sistolik terjadi ketika otot jantung kehilangan kemampuannya untuk berkontraksi yang diperlukan untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Masalah ini dikenal sebagai disfungsi sistolik yang bisa berkembang ketika jantung lemah dan membesar. Jenis gagal jantung satu ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Cara mencegah gagal jantung
Beberapa kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu mengobati gagal jantung dan mencegah kondisi tersebut berkembang seperti mengelola berat badan, berolahraga secara teratur, mengurangi konsumsi garam, membatasi asupan alkohol, tidak merokok, menghindari makanan tinggi lemak, dan menjaga kebutuhan tidur dengan baik.




Editor: Roni Yunianto

 
1
2


SEBELUMNYA

Selain Menyenangkan Guru Dituntut Memuaskan Rasa Haus Siswa Akan Pengetahuan

BERIKUTNYA

Moms, Kenali Tanda Bahaya Gangguan Bicara Pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: