Rupa jantung manusia. (Sumber gambar : Unsplash/Jesse Orico)

4 Pengobatan Gagal Jantung, Jangan Salah Pilih!

14 November 2022   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Jantung menjadi organ vital yang menunjang kehidupan manusia. Namun tidak sedikit organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh mengalami masalah, salah satunya gagal jantung. Gagal jantung terjadi ketika otot jantung tidak memompa darah sebagaimana normalnya, alhasil darah tidak mengalir lancar dan cairan dapat menumpuk di paru-paru, hingga menyebabkan sesak napas.

Kondisi jantung tertentu, seperti penyempitan arteri di jantung (penyakit arteri koroner) atau tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung terlalu lemah atau kaku untuk mengisi dan memompa darah dengan benar.

Direktur RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dr. Iwan Dakota, menerangkan gagal jantung dapat terjadi pada sisi kiri (ventrikel kiri), sisi kanan (ventrikel kanan), atau kedua sisi jantung. Umumnya, gagal jantung dimulai dengan sisi kiri, khususnya ventrikel kiri, ruang pemompaan utama jantung. "Gagal jantung dapat berlangsung terus-menerus (kronis), atau mungkin mulai tiba-tiba (akut)," tuturnya dikutip Hypeabis.id, Senin (14/11/2022).

Baca jugaKenali Risiko Gagal Jantung & Cara Pengobatannya

Dia menyebut ada beberapa faktor risiko terjadinya gagal jantung. Diantaranya penyakit jantung koroner, hipertensi, kardiomiopati, aritmia, kerusakan atau masalah lain dengan katup jantung, penyakit jantung bawaan. Kemudian penggunaan alkohol, apnea tidur, dan merokok atau menggunakan tembakau.

Iwan menyebut saat ini sudah banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk gagal jantung. Kontrol ketat atas obat dan gaya hidup, ditambah dengan pemantauan yang cermat, adalah langkah utama.

Seiring perkembangan kondisi, dokter dapat menawarkan pilihan pengobatan yang lebih lanjut. Tujuan pengobatan gagal jantung kata Iwan untuk mencegahnya menjadi lebih buruk (menurunkan risiko kematian dan kebutuhan rawat inap), meredakan gejala, dan meningkatkan kualitas hidup.

Nah, berikut ini beberapa pengobatan untuk gagal jantung:


1. Transplantasi jantung

Iwan menerangkan transplantasi jantung adalah proses operasi untuk menggantikan jantung pasien dengan jantung donor. Dokter mengangkat jantung pasien dengan memotong aorta, arteri pulmonalis utama dan vena cava superior dan inferior, dan membagi atrium kiri, meninggalkan dinding belakang atrium kiri dengan bukaan vena pulmonalis di tempatnya.

Ahli bedah menghubungkan jantung donor dengan menjahit bersama vena cava penerima dan donor, aorta, arteri pulmonalis dan atrium kiri. Pada pasien dengan penyakit jantung bawaan, ahli bedah dapat mentransplantasikan paru-paru dan jantung secara bersamaan.

Alasan paling umum harus dilakukannya transplantasi jantung adalah karena salah satu atau kedua ventrikel tidak berfungsi dengan baik dan terjadi gagal jantung yang parah. Jantung donor dicocokkan dengan penerima berdasarkan golongan darah dan ukuran tubuh. Sebagai penerima transplantasi jantung, pasien harus minum obat untuk mencegah sistem kekebalannya menolak jantung baru.
1
2


SEBELUMNYA

Ada Konferensi Tingkat Tinggi G20, Ini Ragam Cara Menuju Pulau Dewata Bali

BERIKUTNYA

Kaesang Pangarep Sentil Batik Air Kopernya Salah Alamat, Intip Cara Atasi Kehilangan Barang di Bandara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: