Ilustrasi sepeda motor matic (dok: Unsplash/Ruslan Bardash)

Ini Penyebab Motor Matic Mati Mendadak & Solusinya

04 November 2021   |   14:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

4. Sistem pengapian yang mati
Motor matic yang mati mendadak sudah pasti ada masalah pada sistem pengapiannya. Tanpa adanya percikan api, maka campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak akan menghasilkan tenaga.  Ada beberapa sistem pengapian yang perlu diperhatikan yaitu CDI, busi, spul hingga koil.

Semua komponen pengapian motor harus di cek satu per satu untuk tahu masalahnya. Pertama adalah pengecekan busi, jika warnanya sudah menghitam maka perlu diganti. 

Kedua, adalah mengecek CDI yang bisa diketahui dari percikan api pada busi menghilang pada putaran tinggi. Ketiga adalah mengecek sistem kelistrikan yang bisa saja mengalami konsleting sehingga mengganggu pengapian. 

5. Pengaturan penggunaan bahan bakar
Setiap kendaraan bermotor bisa diatur berapa jumlah bahan bakar yang hendak digunakan. Kebanyakan pemilik motor pasti ingin membuat motornya lebih irit dengan mengatur suplai bahan bakar. 

Hanya saja dengan suplai bahan bakar yang terlalu dibatasi akan membuat motor cepat panas dan akhirnya mogok di jalan. Motor akan cepat mati ketika Anda melewati jalanan menurun. Hal ini karena gas akan menutup secara total. 

Jika ternyata Anda ingin pengaturan irit, sebaiknya saat melewati jalanan menurun sisakan bukaan gas sehingga mesin tetap menyala. Alternatif lainnya tetap mengatur suplai bbm sesuai standar.

6. Mesin motor mengalami overheat
Masalah overheat pada motor matic tidak boleh disepelekan karena inilah penyebab motor akan cepat mati. Overheat sendiri adalah kondisi ketika gesekan pada liner boring dan piston serta sistem pembakaran terlalu tinggi. 

Hal tersebut disebabkan sirkulasi oli pada mesin tersumbat, masalahnya ada pada kualitas oli yang buruk dan menimbulkan kerak. Pelumas yang berkualitas rendah juga tidak mampu meredam panas akibat gesekan mesin dan terjadilah overheat. 

Kalian yang merasakan panas tinggi pada mesin motor sebaiknya segera menepi dan diamkan sampai benar-benar dingin. Baru setelah itu kalian harus mengganti dengan oli baru sehingga mesin bekerja dengan baik kembali. 

7. Kondisi klep yang kotor 
Penyebab motor matic mati mendadak yang terakhir adalah dari bagian klep yang sudah tidak bersih lagi. Klep memiliki fungsi sebagai pintu yang memisahkan ruang bakar dan udara keluar. 

Klep akan bekerja membuka dan menutup sehingga sirkulasi dalam ruang bakar tidak bercampur dengan zat yang membuat pembakaran bermasalah. Resiko klep rusak sehingga tidak bisa menutup akan terjadi ketika muncul kerak. 

Akibatnya adalah terjadi kebocoran pada kompresi dan motor matic akan mati tiba-tiba. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan kerak sehingga klep dapat bekerja membuka dan menutup dengan baik kembali. 

Pada saat motor matic Anda mati, sebaiknya jangan panik sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan. Kalian cukup pergi ke pinggir jalan dan standar tengah motor. Cobalah untuk memutar kontak dan coba kombinasikan kick starter dengan electric starter berulang. 

Apabila ternyata tidak ada efek yang muncul sebaiknya segera bawa motor Anda ke bengkel motor terdekat.



Editor: Roni Yunianto
1
2


SEBELUMNYA

JBL Resmi Perkenalkan 6 TWS Earbuds di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

BERIKUTNYA

Mengenal Nama Beauty, Startup Luna Maya yang Dapat Kucuran Rp71 miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: