Ilustrasi tuas transmisi otomatis (dok: Your Mechanic)

Ini 3 Keunggulan Teknologi Transmisi Otomatis CVT

03 December 2021   |   21:31 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang sedang mencari mobil bertransmisi otomatis, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah CVT. CVT yang merupakan singkatan dari Continous Variable Transmission, merujuk pada salah satu teknologi transmisi otomatis yang banyak digunakan oleh mobil-mobil masa kini.

Teknologi  transmisi ini menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan dengan teknologi transmisi otomatis konvensional, terutama dalam hal kenyamanan.

Kenapa transmsi satu ini dapat diandalkan dalam mengejar kenyamanan? Jawabannya adalah karena teknologi CVT dapat menghasilkan getaran yang minim.
 

1. Minim getaran.

Menurut Toyota Auto 2000, transfer daya dengan getaran yang minim bisa tercipta berkat penggunaan sabuk karet alias belt CVT yang dapat mengeliminasi getaran dan gesekan. 

Komponen lainnya seperti puli primer, puli sekunder, dan sabuk baja dalam rangkaian planetary gear set bekerja secara optimal untuk menghasilkan perpindahan rasio gigi dengan halus dan senyap.
 

2. Tenaga besar.

Dengan sistem transmisi CVT, putaran mesin mobil dapat cenderung rendah untuk membuat mobil bergerak. Kalian tak memerlukan RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga besar berkat teknologi CVT yang cenderung responsif.

Terlebih dengan menggunakan mobil bertransmisi CVT, kalian hanya perlu mengandalkan kaki kanan dalam mengemudi mobil. Kaki sebelah kiri sepenuhnya istirahat dan tidak boleh menekan pedal apapun.
 

3. Pilihan mode berkendara.

Pada mobil dengan transmisi matic CVT modern seperti kalian bisa memilih mode berkendara dan memanfaatkan padle shift dalam mengatur perpindahan daya. Keren!

Teknologi CVT adalah sebuah temuan yang membuat pengemudi nyaman dan merasa fun to drive. Dengan peran CVT, tenaga dari mesin mampu disalurkan dengan sempurna ke roda dengan menyesuakan perubahan kecepatan dan torsi kendaraan dengan rasio presisi, jadi putaran mesin pun cenderung bisa lebih rendah dan efisien.

Dengan demikian transmisi CVT tak hanya mampu menciptakan kenyamanan dan fun to drive, tapi juga dapat mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar secara optimal.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tokopedia Lengkapi Fitur Voice Over Ramah Difabel

BERIKUTNYA

Begini Kesiapan Sektor Wisata Antisipasi Varian Omicron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: