Ilustrasi sepeda motor matic (dok: Unsplash/Ruslan Bardash)

Ini Penyebab Motor Matic Mati Mendadak & Solusinya

04 November 2021   |   14:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Motor matic menjadi jenis kendaraan yang paling digemari oleh masyarakat Asia khususnya Indonesia. Pengoperasiannya yang mudah menjadi alasan mengapa motor ini lebih laku daripada motor bebek biasa.  Hanya saja sering ada kendala yang dikeluhkan pengguna yaitu motor yang mati mendadak.


Penyebab motor matic mati mendadak sebenarnya tidak lain adalah kurangnya perawatan secara berkala.  Motor membutuhkan perawatan rutin seperti servis untuk mengecek komponen-komponennya. Jika tidak, masalah seperti mati mendadak ini bisa kapan saja terjadi. Kalian perlu tahu penyebabnya secara terperinci sebagai berikut mengutip Suzuki Indonesia.

1. Tutup tangki bensin yang tersumbat
Penyebab motor matic mati mendadak juga bisa dikarenakan tersumbatnya lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki. Cobalah Anda membuka tutup tangki bensin kemudian perhatikan bagian dalamnya. 

Anda akan melihat lubang kecil sebesar jarum yang bekerja sebagai ventilator. Lubang ini tidak boleh tersumbat karena akan mempengaruhi sirkulasi udara dalam tangki. Jika sirkulasi udara tersumbat maka bensin pun tidak mengalir dalam mesin. 

Bersihkan lubang ventilasi ini menggunakan jarum atau benda lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan kompresor untuk menghilangkan kotoran menyumbat. Cobalah untuk menyalakan kendaraan kembali, biasanya mesin akan langsung menyala. 

2. Masuknya air pada karburator 
Motor matic yang masih memanfaatkan karburator biasanya juga rentan untuk mudah mati mendadak khususnya pada saat musim hujan. Air hujan apalagi jika melewati kawasan banjir, akan mudah masuk ke dalam karburator dari celah tali gas. 

Biasanya karet pada tali gas sudah getas sehingga menimbulkan retakan. Air pun akan masuk dan mengalir sampai ke arah karburator. Motor akan langsung mati jika karburator terkena air. 

Cara satu-satunya adalah dengan mengeluarkan air di dalamnya. Untuk mengeluarkan air, tutup kran bensin yang mengarah ke karburator. Kendorkan baut pada pembuangan bensin, maka air akan keluar beserta sisa bensin.

Kencangkan kembali baut pembuangan dan coba nyalakan kendaraan. Seharusnya motor akan menyala kembali dengan normal. 

3. Tidak menggunakan bahan bakar yang benar
Kualitas bahan bakar yang buruk bisa menjadi penyebab motor matic mati mendadak. Saat ini tersedia berbagai jenis bahan bakar, hanya saja untuk mesin dapat bekerja dengan baik, Anda perlu menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. 

Bahan bakar dengan oktan rendah berpotensi untuk menimbulkan kerak karena kandungan timbalnya tinggi. Penyumbatan bisa terjadi pada klep dan karat pada tangki motor turun ke bagian selang bensin. 

Padahal sistem pembakaran membutuhkan aliran bahan bakar yang lancar, jika terhambat maka pembakaran juga terjadi tidak sempurna. Otomatis motor akan mudah mati ketika digunakan dan efeknya muncul dalam jangka panjang. 

Kalian hanya bisa mengatasinya dengan membersihkan kerak terlebih dahulu kemudian ganti bahan bakar beroktan tinggi. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang sama terus menerus. 



 
1
2


SEBELUMNYA

JBL Resmi Perkenalkan 6 TWS Earbuds di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

BERIKUTNYA

Mengenal Nama Beauty, Startup Luna Maya yang Dapat Kucuran Rp71 miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: