Squid Game (Dok. Netflix)

Sempat Heboh, Kripto Squid Game Ternyata Penipuan

03 November 2021   |   15:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kehebohan uang kripto Squid Game beberapa waktu lalu ternyata tipuan belaka oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal itu diketahui setelah beberapa investor yang telah menaruh dana besarnya untuk koin kripto itu melaporkan kerugiannya. Uang yang telah mereka investasikan tidak bisa dikembalikan setelah pengembang anonim kripto SQUID menghilang.

“Harganya berlipat ganda pada tingkat yang tidak normal. Saat saya menatap layar komputer, saya melihat SQUID jatuh dalam hitungan menit. Tidak ada cara untuk menarik dana saya secara utuh,” ujar salah seorang investor seperti dikutip dari CoinMarketCap, Rabu (3/11).

Investor itu mengatakan bahwa dia tertarik untuk berinvestasi karena pemberitaan kripto Squid Game yang nilainya terus meroket.

“Saya kira ini akan menjadi pelajaran berharga bagi saya. Saya tidak menyalahkan siapa pun kecuali diri saya sendiri, tetapi saya pikir harus ada mekanisme untuk menghindari ini di masa depan. Begitupun media untuk berhenti memberitakan token jenis scammer ini,” imbuhnya

(Baca juga: Heboh Uang Kripto Squid Game, Harganya Langsung Meroket!)

Nilai kapitalisasi kripto SQUID memang melambung dengan sangat cepat. Awalnya, nilai token SQUID hanya dihargai US$ 0,01 pada 26 Oktober 2021. Hanya dalam waktu 72 jam nilainya menjadi US$ 4,42. 

Angka tersebut semakin melonjak pada 1 November 2021. Diawali dengan harga US$ 38, selang satu jam menjadi US$ 90, lalu US$ 181, hingga mencapai US$ 523. Puncaknya, nilai token SQUID tertinggi sampai pada angka US$ 2.861,80.

Lonjakan sebesar 7.500 persen hanya dalam waktu 3,5 jam itu tidak pernah terdengar sebelumnya di dunia kripto yang memang terkenal bergejolak dan penuh risiko.

Hanya butuh waktu lima menit, nilai token tertinggi itu secara tiba-tiba merosot menjadi US$ 0,0007926, dengan kata lain turun sebesar 99,9999 persen. 

Anehnya, volume perdagangan sepanjang dinamika harga tersebut tetap stabil di sekitar US$ 11 juta. Kondisi ini menunjukkan bahwa lonjakan nilai token SQUID tidak diimbangi dengan peningkatan aktivitas investor. 

“Ini adalah tanda klasik rug pull, di mana pengembang tiba-tiba meninggalkan sebuah proyek dan membawa serta dana investor mereka dan menukar koin kripto dengan uang tunai” tulis CoinMarketCap.

Sementara itu, menurut catatan transaksi BscScan, pengembang anonim yang membuat kripto SQUID setidaknya berhasil mengumpulkan dana investor senilai US$ 3,4 juta atau sekitar Rp 48 miliar.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Aturan Baru Masa Karantina dari Luar Negeri Cukup 3 Hari

BERIKUTNYA

Kang Daniel Akan Bawakan Acara Spin-off Kompetisi Street Woman Fighter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: