Jeff Bezos. (Dok. UN Climate Change)

Jeff Bezos Janjikan US$2 Miliar untuk Konservasi Lingkungan

03 November 2021   |   11:56 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pendiri Amazon Jeff Bezos telah menjanjikan US$2 miliar untuk membantu memulihkan alam dan mengubah sistem pangan. Dana ini berasal dari Bezos Earth Fund, yang merupakan bagian dari komitmen miliarder tersebut untuk mengalokasikan US$10 miliar guna mengatasi dampak perubahan iklim.

“Alam itu indah tapi juga rapuh,” kata Bezos kepada para delegasi pada konferensi iklim COP26, Selasa, (2/11).

Pada pidatonya, Bezos menceritakan pengalamannya melihat atmosfer Bumi yang makin tipis ketika pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin. 

"Saya diberitahu melihat Bumi dari luar angkasa mengubah cara kita melihat dunia, tetapi saya tidak siap untuk menghadapi kebenarannya," tuturnya.

Menggambarkan tahun 2021 sebagai tahun yang kritis, Bezos mendesak umat manusia untuk berdiri bersama untuk melindungi planet tempat kita tinggal.

“Setiap tahun, hutan dan bentang alam menyerap 11 miliar ton CO2 dari atmosfer. Saat kita menghancurkan alam, kita membalikkan proses ini,” katanya pada acara di Glasgow, Inggris.

(Baca juga: Elon Musk Janjikan US$6 Miliar untuk Atasi Kelaparan Dunia dengan Satu Syarat)

“Di banyak bagian dunia, alam sudah beralih dari penyerap karbon menjadi sumber karbon. Ini adalah bahaya besar bagi kita semua.”

Pada bulan September, Bezos Earth Fund berjanji untuk memberikan hibah senilai US$1 miliar tahun ini dengan fokus pada upaya konservasi.

“Bersama-sama, dana yang saya janjikan senilai US$3 miliar ini akan mendorong agenda konservasi alam untuk Bezos Earth Fund, yang berfokus secara bersamaan pada konservasi, restorasi, dan transformasi pangan,” kata Bezos.

Pendiri Amazon ini juga mengingatkan kepada delegasi dan masyarakat dunia untuk melestarikan apa yang masih dimiliki.

"Kita harus memulihkan apa yang telah hilang dan kita harus menumbuhkan apa yang kita butuhkan untuk hidup tanpa merusak planet ini untuk generasi mendatang," ujarnya.

Sejak mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada bulan Juli, Bezos kini berfokus pada Blue Origin, perusahaan eksplorasi ruang angkasanya, dan inisiatif seperti Earth Fund.

Tetapi ada kekhawatiran bahwa industri perjalanan ruang angkasa swasta, yang disebut-sebut oleh perusahaan seperti Blue Origin, dapat merusak lingkungan.

Menatap COP27 tahun depan, Bezos mengatakan yayasannya akan bersemangat untuk berpartisipasi dalam strategi bersama yang dipimpin oleh negara-negara Afrika untuk secara serius dan efektif meningkatkan dukungan untuk restorasi di benua itu, dan meminta perusahaan swasta untuk terlibat dalam perang melawan perubahan iklim.

Dia menyarankan untuk tidak hanya mengandalkan pemerintah, filantropi, dan LSM untuk memperbaiki krisis iklim. 

Sektor swasta juga harus memainkan perannya. Perusahaan perlu mengambil posisi kepemimpinan perihal konservasi lingkungan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Meta Hentikan Program Tag Pengenalan Wajah di Facebook

BERIKUTNYA

Netflix Luncurkan Konten Game, Ini 5 Judul yang Bisa Dimainkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: